Semangat Hari Kemerdekaan RI, 17 Agustus masih tetap terasa meski telah berlalu dua hari bagi masyarakat Kabupaten Tapanuli Utara, khususnya warga Kecamatan Tarutung sekitarnya, yang akhirnya merasakan hasil kerja keras dan upaya Penjabat Bupati Taput Dimposma Sihombing dalam perbaikan pipanisasi rusak di Siualuompu Tarutung hingga air bersih kini mengalir deras dari sambungan pipa distribusi yang telah rampung diperbaiki.

"Pelayanan kebutuhan dasar dan vital bagi masyarakat seperti ketersediaan air bersih adalah mutlak dan harus diprioritaskan. Ini adalah realisasi dari kerja dan upaya sejak saya menerima amanah oleh pemerintah pusat dan ditugasi menjadi Penjabat Bupati Taput," ujar Pj Bupati Dimposma saat secara spontan mengunjungi warga Desa Hutagalung Siualuompu Tarutung, Senin (19/8).

Perbaikan pipanisasi rusak yang dikerjakan oleh Kementerian PUPR melalui BWSS II telah rampung sehingga air bersih sudah mengalir deras melalui sambungan pipa distribusi ke rumah masyarakat.

"Saya berharap agar fasilitas pipa yang ada dijaga dan dirawat agar aliran air di dalam pipa tetap bisa mengalir lancar," sebut Pj Bupati Dimposma.

Kepala Desa Hutagalung Siualuompu, Rindu Hutagalung mengapresiasi kunjungan spontanitas Pj Bupati Taput demi memastikan kelancaran pendistribusian air bersih di wilayah itu.

"Air bersih kini telah mengalir deras setelah setahun lebih terputus akibat kerusakan pipanisasi induk. Ini adalah kado kemerdekaan untuk masyarakat di masa pemerintahan Pak Pj Bupati Taput," sebutnya.

Senada, Boru Sitompul, warga Desa Hutagalung Siualuompu juga mengungkapkan rasa syukurnya setelah air bersih kembali mengalir ke rumahnya.

"Terima kasih untuk Pak Pj Bupati yang telah berupaya keras hingga kerusakan pipanisasi bisa diperbaiki," ujarnya.

Menurut Direktur Perumda Mualnatio, Lamtagon Manalu yang turut mendampingi kunjungan Pj Bupati Dimposma, perbaikan kerusakan pipanisasi berdampak pada pasokan air untuk sekitar 4.000 pelanggan yang sempat terhenti selama setahun lebih.

"Besok sambungan pipa-pipa distribusi yang terdeteksi mengalami kebocoran pasca mengalirnya air akan segera diperbaiki untuk lebih memastikan kelancaran penyaluran air bersih," jelasnya.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024