Penjabat Gubernur Sumatera Utara Agus Fatoni meminta seluruh elemen masyarakat khususnya volunteer yang akan bertugas di Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 untuk menjaga nama baik provinsi ini.

"Saya meminta masyarakat agar menjaga nama baik Sumut, salah satunya dengan menjaga situasi lingkungan. Volunteer  bisa mengenalkan potensi yang ada di daerah ini, seperti budaya, kekayaan alam hingga kuliner," ujar Agus Fatoni usai mengukuhkan 20.000 Blue Volunter Wilayah Kabupaten Batubara, Asahan dan Kota Tanjung Balai,d Medan, Batubara, Jumat.

Agus Fatoni mengatakan di tunjukan-nya Sumut menjadi tuan rumah pada ajang olahraga nasional tersebut memberikan dampak yang positif bagi sebuah daerah.

Oleh karena itu, dia mengajak seluruh elemen masyarakat untuk memanfaatkan dengan sebaik mungkin agar Sumatera Utara semakin terkenal di kancah nasional maupun internasional.

“Perekonomian akan tumbuh, semoga Sumut pun juga mendunia, mari kita terus jaga nama baik ini," kata dia.

Mantan Penjabat Gubernur Sumatera Selatan ini menjelaskan bahwa jumlah volunteer PON 2024 di wilayah ini telah mencapai 81.000 orang atau melebih target yang telah ditetapkan yakni 70.000 orang

Dengan jumlah tersebut, dia optimistis bahwa volunteer PON 2024 di wilayah ini dapat memecahkan Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) serta membuat nama Sumut semakin terkenal.

“Saat ini sudah terdaftar kurang lebih 81 ribu volunteer, dan akan kita pecahkan rekor MURI," sebut dia.

Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional Wilayah Sumatera Utara membutuhkan tiga klasifikasi volunteer di PON 2024 yang terdiri dari Green Volunteer, Blue Volunteer dan Yellow Volunteer.

Sekretaris Umum Panitia Besar Pekan Olahraga Wilayah Sumatera Utara (PB PON Sumut) Armand Effendy Pohan menyebut seluruh volunteer itu akan betugas di 10 kabupaten/kota di wilayah ini.

Green Volunteer, kata dia, akan tergabung dalam struktur panitia pelaksana baik sebagai event staff maupun general support atau bertugas secara langsung pada pelaksanaan ajang tersebut.

Nantinya, lanjut dia, Green Volunteer akan terlebih dahulu mendapatkan pembekalan melalui pelatihan yang telah disiapkan khusus untuk mendukung tugas mereka.

"Blue Volunteer adalah mereka yang tetap bekerja, beraktivitas sebagaimana keseharian. Mereka akan disematkan atribut Duta Sumatera Utara yang akan bekerja dalam keramahan budaya Sumut, menyapa dan melayani seluruh tamu yang hadir dalam rangka PON," jelas dia.

Sedangkan Yellow Volunteer akan terlibat untuk mendapatkan pengalaman pada ajang olahraga empat tahunan tersebut. Yellow Volunteer akan bergabung dalam gugus-gugus yang datang dari institusi, pendidikan.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024