Penjabat Gubernur Sumatera Utara Agus Fatoni mengukuhkan sebanyak 72 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (paskibraka) Provinsi Sumut untuk memperingati HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2024.

"Anak-anakku semua telah membuktikan, telah berhasil melewati proses yang panjang, melewati seleksi tahapan-tahapan, dan juga pendidikan pelatihan. Oleh karena itu jalankan tugas dan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya," ujar Agus Fatoni usai mengukuhkan 72 Paskibraka Sumut, di Medan, Kamis (15/8).

Dia berpesan kepada seluruh anggota Paskibraka Sumut yang baru dikukuhkan agar tetap mempertahankan prestasi yang telah dicapai,memberikan pengabdian kepada bangsa dan negara.

Hal ini, kata dia, tentunya dilakukan dengan menanamkan jiwa patriotisme, rela berkorban, cinta tanah air dan peduli kepada sesama.

"Jadilah generasi muda yang membanggakan bagi keluarga, bangsa, dan negara. Jadilah anak muda yang menginspirasi bagi lingkungan sekitar," kata dia.

Menurutnya, kesuksesan para anggota Paskibraka mampu menjadi modal utama dan bekal untuk mencapai kesuksesan ke tahap-tahap selanjutnya.

Dalam kesempatan itu mantan Penjabat Gubernur Selatan ini juga mengingatkan kepada anggota Paskibraka tentang peristiwa penting dalam waktu dekat yang ada di Provinsi Sumut.

Fatoni mengatakan pada tahun ini Provinsi Sumut akan melaksanakan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota secara serentak.

Untuk itu, dia mengimbau masyarakat untuk menggunakan hak pilih pada 27 November nanti serta menjaga iklim kondusif, toleran, sehingga terwujud Pilkada aman, damai dan sukses.

"Sumatera Utara juga menjadi tuan rumah PON yang merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan bagi kita semua, karena untuk menjadi tuan rumah juga tidak mudah. Kita menjadi tuan rumah PON pada tahun 1953, saat itu adalah PON ketiga. Baru kali ini kita bisa menjadi tuan rumah lagi," jelas dia.

Sebanyak 72 anggota Paskibraka Provinsi Sumut itu akan bertugas mengibarkan bendera pusaka pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Lapangan Astaka Jalan Pancing, Deli Serdang pada 17 Agustus 2024.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024