Pegulat Sumatera Utara yang saat ini sedang menjalani pemusatan latihan di Provinsi Suphanburi, Thailand, mendapat pelajaran berharga karena mendapatkan lawan tanding yang cukup banyak dan level tinggi selama di negara tersebut.

"Kita beruntung, karena anak-anak mendapat ilmu yang sangat banyak selama di Thailand," kata Pelatih kepala gulat PON Sumut Mangasi Simangunsong melalui pesan WhatsApp yang diterima di Medan, Selasa.

Tim gulat Sumut melakukan pemusatan latihan di Provinsi Suphanburi, Thailand sejak 7 hingga 27 Agustus 2024. Dipilihnya Provinsi Suphanburi karena daerah itu merupakan salah satu kiblat gulat di Thailand.

"Kita beruntung bisa latihan ke Provinsi Suphanburi ini. Provinsi ini merupakan salah satu daerah penghasil pegulat-pegulat terbaik di Thailand. Banyak ilmu yang didapat oleh pegulat kita selama di sini," katanya.

Mangasi mengatakan, Provinsi Suphanburi memiliki fasilitas gulat sangat lengkap, bahkan mereka memiliki akademi gulat yang melahirkan banyak pegulat handal.

Selain itu, tim gulat Sumut memiliki lawan uji tanding cukup banyak, mulai dari tim sport school, universitas, hingga senior dengan materi beberapa pegulat Timnas Thailand.

"Ada beberapa atlet nasional Thailand yang menjadi uji tanding kita. Seperti di kelas 55 kg putri, merupakan pegulat Thailand yang meraih medali emas di SEA Games Kamboja. Kemudian kelas 130 kg putra juga peraih emas SEA Games Kamboja. Jadi ini merupakan pengalaman berharga bagi pegulat Sumut," katanya.

Sementara Jan Bobby Barus, elatig gulat PON Sumut lainnya, menambahkan, pegulat Sumut sangat bersemangat menjalani pemusatan latihan di Thailand ini. Meski pun saat ini cuaca panas di Suphanburi, tidak mengurangi semangat mereka.

"Di sini sedang kemarau sehingga cuaca cukup panas. Tapi atlet kita tetap semangat," jelas Jan Bobby.

Bobby menjelaskan, pegulat Sumut melakoni latihan tiga sesi dalam sehari selama di Thailand dengan fokus utama mempertajam taktik dan teknik.

"Kita ingin menambah taktik dan teknik sebelum tampil di PON 2024," katanya.

 

Pewarta: Juraidi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024