Pembangunan Gedung Merdeka, dulunya Gedung Olah Raga (GOR) Pematangsiantar, diagendakan lokasi pertandingan (venue) cabang olahraga tinju PON XXI Aceh - Sumut tahun 2024, terus dikebut. 

Kabid Cipta Kerja dan Infrastruktur Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kota Pematangsiantar Henry JM Silalahi, Jumat (9/8) mengatakan, proyek venue PON sesuai jadwal dari target.

Saat ini tahap pengerjaan pemasangan kursi arena tinju di lantai lima Gedung Merdeka, melakukan penyekatan16 ruangan, juga pengecatan dinding. 

Instalasi dua set eskalator dan lift, pembuatan ruang untuk toilet, media, darurat medis, dan ruang kebutuhan ofisial tim serta panitia penyelenggara tinju PON XXI Aceh-Sumut. 

Sedangkan lift barang dan perlengkapan telah terpasang. Sementara basement sebagai area parkir kendaraan sudah bisa digunakan sepenuhnya. 

Pemerintah Kota (Pemkot) Pematangsiantar menilai arena tinju PON di Gedung Merdeka sangat representatif untuk menyelenggarakan kegiatan sekelas PON.

Pemerintah berdasarkan instruksi PB PON Sumut juga sudah memikirkan alur evakuasi.

Jarak antar atap dengan dasar lantai sendiri cukup tinggi sehingga diharapkan tak mengganggu animo peserta maupun penonton selama penyelenggaraan. 

Untuk diketahui, Gedung Merdeka ini menjadi arena paling bersejarah dalam pelaksanaan PON karena nantinya akan dimanfaatkan sebagai pusat perbelanjaan modern pada lantai satu hingga lantai empat bangunan.


 

Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024