Pelatih akuatik Sumatera Utara (Sumut) Dwi Jitrada Afrido menyatakan kondisi fisik para atlet asuhannya saat ini cukup prima dan menunjukkan peningkatan cukup signifikan menjelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumut.

"Para atlet akuatik Sumut sampai saat ini berada dalam kondisi fisik cukup baik, termasuk dari sisi teknis dan performance. Mudah-mudahan mereka bisa menerapkan itu semua dalam pertandingan yang sesungguhnya di PON 2024," katanya di Medan, di Medan, Selasa.

Sumut di cabang akuatik akan menerjunkan empat atlet putra, masing-masing Giony Ruben Dwinov Siahaan, Guntur Mahesa Putra, Reyhan Kiming Yudistira, dan Syahgali Ivano Purba. Sedangkan atlet putri, masing-masing Evivania Satriani Siahaan dan Grecia Marjori Hutapea.

Sebelum menjalani latihan terpusat, menurut pelatih yang akrab disapa Dodo ini, enam atlet akuatik Sumut itu sejak Mei 2024 lalu telah menjalani latihan di kolam renang Detis Sari Indah Pematang Siantar.

Untuk memastikan kondisi fisik yang prima, pihaknya juga tetap fokus untuk menguatkan kondisi mental atlet akuatik dengan tetap melakoni serangkaian latihan serius dengan intensitas sesuai kebutuhan demi mempertajam kemampuan serta memperbaiki kekurangan agar mencapai penampilan puncak (peak performance) pada PON 2024.

Sebelumnya, Sekretaris Pengprov Akuatik Indonesia Sumut Wildan Diapari Hasibuan mengatakan, persiapan terus dimaksimalkan termasuk dengan menjalani latihan di Malaysia demi memenuhi target empat medali emas loncat indah pada PON 2024.

Selama beberapa bulan menjalani latihan intensif di Pusat Akuatik Tuanku Zara, Ipoh, Malaysia tersebut, lima atlet loncat indah Sumut dibekali berbagai aspek, mulai dari teknik loncat indah hingga pemantapan fisik.

"Untuk loncat indah, kita menargetkan minimal empat medali emas meski DKI Jakarta dan Jawa Barat merupakan tim yang kuat. Kita optimistis bisa memberikan yang terbaik untuk Sumut," katanya.

Di PON 2024, akuatik memperebutkan 64 medali emas. Sedangkan nomor yang dipertandingkan dari cabang renang, loncat indah, perairan terbuka, polo air, dan renang indah. Wildan menyebutkan, para atlet yang sedang menjalani pemusatan latihan daerah (Pelatda) berjumlah 12 orang.

Ke-12 atlet tersebut fokus untuk nomor renang dan loncat indah. Untuk loncat indah 5 atlet, yakni, Wahyudi Syahputra, M Jata Ayu, Angel Theresia, Chairunissa Putri dan Vania Theola.

Pewarta: Juraidi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024