Pengprov Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Sumatera Utara mengajukan keberangkatan lebih awal ke Aceh atlet yang akan bertanding di Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut XXI/2024, khususnya nomor orientasi bawah air (OBA).

Sekretaris Umum POSSI Sumut, Zunaidi Iskandar Peranginangin di Medan, Senin, mengatakan, pihaknya sudah mengajukan agar atlet selam laut berangkat lebih awal. Sedangkan venue selam laut PON 2024 digelar di Pelabuhan CT. 1 BPKS Sabang, Aceh.

"Kami meminta agar atlet selam laut berangkat lebih awal. Kami meminta atlet berangkat 8 Agustus 2024 sampai pertandingan digelar. Itu tentunya demi adaptasi agar atlet dapat menyesuaikan diri dengan situasi disana," katanya.

Cabang selam ini sendiri terdiri dari nomor selam laut atau orientasi air (OBA) yang digelar di kedalaman laut dan selam kolam. POSSI Sumut sendiri mengirimkan 11 atlet di bawah asuhan pelatih Iwan Krisnawan, Prima Dewi dan Santi Ramadhani.

Nomor laut, Sumut akan menurunkan Sahru Putra Wajih, Erlangga Andaru Rinaldi, Andhini Arhyani dan Hannisa Irani Lubis. Sedangkan nomor selam kolam, Dimas Andrianto, Arkansyah Purba, Rifki Maulana Pasaribu, Vany Nove Tri Audiva, Andindia Rahimah, Resi Dwi Ananda dan Melisa Humairah Lubis.

Menurut dia, alasan pemberangkatan awal atlet selam laut ini untuk latihan langsung di laut dan latihan tersebut di venue PON cabor selam di Pelabuhan CT. 1 BPKS Sabang, Aceh.

"Memang atlet harus dipersiapkan latihannya di laut dan itu wajib. Karena dilombakan di laut," katanya.

Sementara Pelatih Selam Laut PON Sumut, Iwan Krisnawan, mengatakan persiapan seluruh cabor harus lebih diintensifkan, demikian juga terkait adaptasi bagi atlet.

Ia mengatakan, selama ini atlet hanya berlatih di kolam. Hal ini jelas berbeda, antara kolam dengan kondisi laut sebenarnya. Dengan waktu yang semakin dekat, atlet harus dihadapkan dan beradaptasi di laut.

"Latihan di kolam tidak memenuhi persyaratan untuk pertandingan. Tidak dapat arus juga tidak dapat gelombang yang sesuai di laut, karena pertandingan di laut. Sedangkan di Sumut laut untuk orientasi bawah air minim," katanya.

Cabang olahraga selam di PON akan mempertandingkan 25 nomor.

Arena yang akan digunakan untuk kolam selam di Kolam Renang Tirta Raya, Kota Banda Aceh, sedangkan nomor selam kolam berlangsung di Pelabuhan CT. 1 BPKS Sabang, Aceh.

Pewarta: Juraidi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024