Sebanyak 130 karateka meramaikan Kejuaraan Karate Antar Dojo Inkado Sumut yang digelar di GOR Idaman, Kota Binjai, Sabtu (3/8). 

Ketua Keluarga Sabuk Hitam (KSH) Pengprov Inkado Sumut, Rawi Kresna SE SH MH yang secara resmi membuka Kejuaraan Karate Antar Dojo Inkado Sumut 2024 tersebut menyebutkan kejuaraan merupakan bagian program pembinaan prestasi sekaligus konsolidasi organisasi keluarga Sabuk Hitam Inkado Sumut yang tersebar di kabupaten/kota. Sebab konsolidasi adalah bagian dari pembinaan itu sendiri. 

"Organisasinya bagus, pasti prestasinya juga bagus," tegasnya.

Turut hadir KONI Kota Binjai, Pengcab FORKI Kota Binjai dan 10 Pengcab Inkado Kabupaten/Kota se Sumut.

Konsolidasi ini lanjutnya, menuju pelaksanaan Kejurda Inkado Sumut yang memperebutkan Piala Ketua Umum Inkado Sumut. Saat ini pihaknya sedang menyeleksi sejumlah figur yang ingin menjadi ketua umum. 

Hal itu untuk menjaga citra Inkado sebagai salah satu perguruan Karate terbesar di Indonesia. 

Selain itu Inkado Sumut akan mengirimkan wasit/juri dan pelatih untuk ujian penyesuaian.

Ketua KSH Inkado Sumut juga akan merekomendasi secara bertahap wasit/juri untuk mengikuti ujian Penyesuaian DAN yang rencananya dilaksanakan di Palembang, September 2024.

"Karena peran wasit/juri sangat penting dalam mengawal prestasi atlet," jelas praktis hukum tersebut.

Akhirnya, Rawi Kresna mengimbau seluruh peserta untuk menjunjung tinggi sportivitas.

Sementara itu, Ketua Panitia Ade Putra Kelana melaporkan, kejuaraan ini diikuti 130 karateka dari 10 kabupaten/kota. Yaitu, Taput, Labura, Pematangsiantar, Binjai, Labuhanbatu, Labusel, Medan, Sibolga, Deliserdang dan Langkat.

Mereka akan bertarung memperebutkan Piala Ketua Sabuk Hitam (KSH) Inkado Sumut, Rawi Kresna. 

"Mempertandingkan kategori Kata dan Kumite dari usia dini sampai under 21," sebutnya.

Hingga berita ini diris, Pengcab Inkado Taput memimpin perolehan medali 6 emas dan 7 perak. Pelatih Pengcab Inkado Taput, Hendri Simorangkir didampingi Oktoberto Sihombing, Anjusman Sihombing mengapresiasi pelaksanaan event. Mereka berharap medali Taput terus bertambah. 

Membayangi Pengcab Inkado Sibolga yang juga meraih 6 medali emas. Thomson Pasaribu Binpres dan Pelatih Inkado Sibolga berharap kejuaraan berkelanjutan dan akan menggelar di daerah-daerah. 

 

Pewarta: Rilis

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024