Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian wilayah di Sumatera Utara berpotensi diguyur hujan dengan intensitas ringan pada Selasa (30/7).

Prakirawan Cuaca Balai Besar MKG wilayah I Medan Defri Mandoza di Medan Senin mengatakan, pada Selasa (30/7) pagi Sumatera Utara berawan dan berpotensi hujan ringan.

Siang dan sore hari berpotensi hujan ringan hingga sedang di wilayah di Langkat
Malam hari berpotensi hujan ringan hingga sedang dan disertai petir di sejumlah wilayah Sumatera Utara.

Hujan disertai petir berpotensi terjadi di Dairi, Deli Serdang, Humbang Hasundutan, Karo, Kota Gunungsl Sitoli, Kota Sibolga, Langkat, Mandailing Natal, Nias, Nias Barat, Nias Selatan, Pakpak Bharat, Samosir, Serdang Bedagai, Simalungun, Tapanuli Selatan, Tapanuli Tengah, dan Tapanuli Utara.

Kemudian pada dini hari berpotensi hujan ringan hingga sedang Langkat dan Pakpak Bharat

Sementara suhu udara rata-rata 14–36.0 Derajat Celcius, angin berhembus dari Timur - Barat, 04 – 10 km/jam.

Sementara berdasarkan pantauan sensor medis yakni Satelit Tera, Aqua, SNPP, dan NOAA20, jumlah titik panas (hotspot) di Sumatera Utara terpantau 25 titik panas yakni satu titik di Padang Lawas, dan 24 titik di Labuhan Batu

Sementara Stasiun Meteorologi Maritim Belawan Indah Riandiny menyebutkan gelombang di Perairan Sumatera bagian Utara umumnya masuk kategori sedang (1.25- 2.5 Meter) yakni di Perairan utara Sabang, Perairan barat Aceh, Samudera Hindia barat Aceh, Perairan Nias - Sibolga, dan Samudera Hindia barat Nias.

Sementara perairan yang gelombangnya kategori rendah (0.5 - 1.25 meter) di Selat Malaka bagian utara, Perairan Sabang - Banda Aceh, Perairan Lhokseumawe, Selat Malaka bagian tengah, Perairan Meulaboh - Sinabang

Pola angin di Perairan Sumatera bagian Utara umumnya dari Tenggara hingga Barat dengan kecepatan 02 - 20 knot.

Pewarta: Juraidi

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024