Pemilihan kepala daerah Gubernur/Wakil Gubernur, Bupati/Wakil Bupati, dan Wali Kota/Wakil Wali Kota serentak akan bergulir pada 27 November 2024.

Ada dua jalur yang harus ditempuh para bakal calon kepala daerah bila ingin bertarung menjadi kontestan di Pilkada 2024 nanti, yakni jalur perseorangan (independent) pun jalur partai Politik.

Untuk Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) misalnya, bakal calon bupati petahana Dolly Pasaribu sudah membangun komunikasi belasan partai politik yakni Gerindra, Golkar, PAN, PPP, PKB, PKN, PSI, PDIP, Hanura, Nasdem, Demokrat, PKS.

"Untuk dapat berlabuh di hati ke-12 partai dari semula kita konsisten dan beretika mengikuti proses demi proses partai dari tingkat bawah. Mulai pengambilan formulir, pendaftaran, laksanakan survei," kata Dolly, Senin.

Dolly Pasaribu mengatakan, dirinya cukup berharap bisa bersama-sama ke-12 partai politik ini (Gerindra, Golkar, PAN, PPP, PKB, PKN, PSI, PDIP, Hanura, Nasdem, Demokrat, PKS) berlayar di Pilkada 2024.

"Meski "perahu" jalur perseorangan tetap saya manfaatkan sebagai hal antisipasi, namun saya optimis dan berharap ke-12 partai politik tersebut bisa menjadi kendaraan nantinya di Pilkada 2024 untuk melanjutkan pembangunan Tapsel agar lebih baik lagi," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, batas waktu pendaftaran pasangan calon kepala dan wakil kepala daerah ke Komisi Pemilihan Umum terjadwal pada 27-29 Agustus, penetapan bakal calon menjadi calon 22 September 2024.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024