Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara memastikan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang berjalan kondusif bagi narapidana.

"Kami memastikan Lapas Kelas IIB Lubuk Pakam menjadi tempat pembinaan yang aman, tertib dan kondusif bagi para Warga Binaan Pemasyarakatan," ujar Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham Sumut Rudy Fernando Sianturi di Medan, Rabu.

Rudy melanjutkan pihaknya melakukan pemantauan ini difokuskan sebagai penguatan pada lapas serta memastikan pelaksanaan tugas dan fungsi pemasyarakatan berjalan dengan baik.

Kemenkumham Sumut yang merupakan sebagai instansi pembina di lapas tersebut, menurutnya, pihaknya juga bertugas memberikan arahan kepada seluruh petugas yang bekerja di tempat itu.

"Kami mengingatkan seluruh petugas untuk selalu menjunjung tinggi integritas dan profesionalisme dalam menjalankan tugas agar lapas berjalan dengan kondusif," kata Rudy.

Dia menyatakan, tugas dan fungsi pemasyarakatan tidak boleh terlepas dari pelaksanaan yakni deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban, berantas narkoba dan sinergi dengan aparat penegak hukum.

"Kami juga memberikan arahan kepada WBP terkait hak mereka, termasuk hak untuk menerima seluruh layanan di Lapas Lubuk Pakam ini secara gratis tanpa dipungut biaya. Tak lupa ditekankan juga pentingnya menjaga kebersihan dan keamanan blok hunian," kata Rudy.

Dia menambahkan Kemenkumham Sumut terus meningkatkan pengawasan di lembaga pemasyarakatan dan rumah tahanan negara untuk mencegah peredaran narkoba.

"Kami tetap melakukan pengawasan, pemantauan dan penggeledahan di lapas dan rutan untuk mencegah masuknya narkoba," ujar Rudy.

Menurut dia, kegiatan ini terus dilakukan sebagai program dalam upaya menekan terjadi tindakan penyalahgunaan narkoba di lapas dan rutan.

Dia mengatakan pihaknya juga melakukan program tes urine secara berkala kepada warga binaan pemasyarakatan ataupun petugas setempat.




 

Pewarta: M. Sahbainy Nasution

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024