Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan berdasarkan pantauan sensor medis yakni Satelit Tera, Aqua, SNPP, dan NOAA20, terpantau 10 titik panas (hotspot) di sejumlah wilayah di Sumatera Utara (Sumut).

Prakirawan Cuaca Balai Besar MKG (BBMKG) wilayah I Medan Utami Al Khairat, Senin, mengatakan ke-10 titik panas tersebut masing-masing terpantau satu titik di Kecamatan Batang Onan, Padang Lawas Utara, satu titik di Kecamatan Nassau, Toba.

Kemudian empat titik di Kecamatan Silimakuta, Kabupaten Serdang Bedagai, satu di Kecamatan Tigapanah, Kabupaten Karo, satu di Kecamatan Kolang, Kota Sibolga dan dua titik di Kecamatan Dolog Sigompun, Kabupaten Labuhanbatu.

Kepada masyarakat diimbau tidak melakukan pembakaran saat melakukan pembersihan lahan, mengingat saat ini suhu di sebagian Sumatera Utara cukup panas yang mencapai 36 Derajat Celcius pada siang hari.

Sementara terkait cuaca pada Selasa (23/7) pagi hingga sore hari rata-rata berawan.

Sementara pada malam hari berawan dan berpotensi hujan ringan di wilayah Kota Gunung Sitoli, Padang Sidempuan, Sibolga, Mandailing Natal, Nias, Nias Barat, Nias Selatan, Nias Utara, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Tapanuli Selatan, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, dan sekitarnya.

Suhu udara rata-rata 15– 36.0 Derajat Celcius, kelembapan udara 50 – 90 persen dan angin berhembus dari Tenggara - Barat Daya 10 – 30 km/jam.

"Waspada potensi suhu udara yang cukup panas dan gerah di wilayah dataran rendah, perkotaan, dan pesisir pantai Sumatera Utara," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024