Dua anak mantan Bupati Sragen Untung Wiyono menempati posisi teratas pada survei Pilkada 2024 yang diselenggarakan oleh Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC).

Pada hasil survei yang diterima oleh ANTARA di Solo, Jawa Tengah, Jumat dua putra Untung Wiyono, yakni Untung Wibowo Sukawati mendapat dukungan tertinggi yakni 31,8 persen dan Untung Wina Sukowati 13,6 persen.

Terkait hal itu, Wina mengaku sejauh ini masyarakat menyambut baik keinginannya untuk maju mengikuti Pilkada Kabupaten Sragen 2024.

"Perempuan dianggap lebih pengertian, lebih luwes, tidak kaku, membela ibu-ibu, dan seterusnya," katanya.

Menurut dia, kaum perempuan memiliki peran besar untuk membentuk generasi masa depan. Oleh karena itu, ia terus mengajak kaum ibu agar mandiri.

"Bangsa yang kuat dan tangguh adalah bangsa yang perempuannya mandiri," katanya.

Sementara itu, Direktur Eksekutif SMRC Jakarta Deni Irvani mengatakan jika pemilihan Bupati Sragen diadakan ketika survei dilakukan pada 14-20 Juni 2024, dalam simulasi semi terbuka belum ada calon yang mendominasi suara di atas 50 persen.

Deni memperkirakan dukungan kepada calon-calon masih cukup dinamis karena mayoritas pemilih di Kabupaten Sragen atau sekitar 74 persen menyatakan baru akan menentukan pilihan mereka mendekati hari pemilihan.

"Elektabilitas masing-masing calon masih bisa berubah, tergantung intensitas dan efektivitas kerja sosialisasi yang dilakukan hingga pilkada Bupati Sragen diadakan," katanya.

Pewarta: Aris Wasita

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024