Indeks Harga Konsumen (IHK) di Kota Pematangsiantar dan Kabupaten Labuhan Batu secara bulanan pada periode Juni 2024, mengalami deflasi. 

Dalam rilis Unit Data Statistik dan Kehumasan Kantor Perwakilan BI Pematangsiantar, Selasa (2/7), deflasi Kota Pematangsiantar -0,55 persen dan Kabupaten Labuhan Batu -0,91 persen. 

Angka itu menempatkan Kota Pematangsiantar dan Kabupaten Labuhan Batu di posisi terbaik pertama dan kedua di wilayah Provinsi Sumatera Utara. 

Disebut, komoditas dengan andil deflasi terbesar Kota Pematangsiantar, daging ayam ras, bawang merah, tomat, sawi hijau dan kangkung. 
 
Komoditas dengan andil inflasi terbesar, ikan dencis, emas perhiasan, wortel, cabai rawit dan bakso siap santap. 
 
Komoditas dengan andil deflasi terbesar Kabupaten Labuhan Batu, bawang merah, daging ayam ras, tomat, minyak goreng dan jeruk. 
 
Inflasi terjadi pada komoditas, cabai merah, cabai rawit, kubis, sabun cuci bubuk dan cabai hijau. 
 
Terjadinya deflasi, khususnya pada penurunan harga daging ayam ras dan bawang merah disebabkan meningkatkan stok. 

Di sisi lain, peran TPID semakin matang dengan mampu mempersiapkan kemungkinan kenaikan harga pada masa libur sekolah dan Idul Adha dengan mengadakan kegiatan pasar murah, rapat koordinasi dan gerakan tanam.

Sementara itu kenaikan harga cabai masih terjadi selama tiga bulan berturut-turut, karena pasokan yang semakin berkurang menjelang berakhir masa panen.

 

Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024