Pj Bupati Deli Serdang, Sumatera Utara, Wiriya Alrahman menyebutkan masalah penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba memang perlu mendapat perhatian khusus, karena telah menyasar ke seluruh lapisan masyarakat, mulai dari dewasa sampai dengan anak-anak, dari kota sampai dengan pelosok desa.

" Sehingga sudah menjadi ancaman serius terhadap kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara. Ini harus menjadi perhatian semua pihak," katanya di Lubuk Pakam, Minggu.

Instruksi Presiden (Inpres) No.2 Tahun 2020 Tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika menginstruksikan kepada semua pihak untuk meningkatkan pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan berbagai bentuk kejahatan narkotika.

Hal ini menjadi tanggung jawab dan tugas bersama, karena apa yang telah dilakukan BNN dan semua pemangku kepentingan serta penggiat anti narkoba masih belum cukup.

Seluruh masyarakat harus mau, peduli, dan terlibat dalam mengupayakan pemberantasan narkoba. Pemkab Deli Serdang mendukung penuh semua upaya yang akan dilakukan penegak hukum dalam memberantas peredaran narkoba.

"Saya instruksikan organisasi perangkat daerah terkait bersama kecamatan dan desa, khususnya di daerah pesisir, ajak juga masyarakat untuk bahu membahu bersama aparat penegak hukum agar peredaran narkoba tidak masuk lagi ke Deli Serdang," katanya.

Untuk itu, kata dia, peringatan  Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) harus dijadikan momentum untuk berjuang bersama, bekerja sekuat tenaga, menjadikan Deli Serdang sebagai kabupaten yang bersih dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika. 

Karena, jika masyarakat sehat, maka Deli Serdang akan kuat dan tangguh. Mari kita kerja cepat, kerja hebat, berantas narkoba di Indonesia," katanya.

Kepala BNN Deli Serdang, Kombes Pol Endang Hermawan  mengapresiasi Pemkab Deli Serdang yang telah bekerjasama dan bersinergi dalam Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

Dia berharap agar sinergitas yang sudah terjalin dengan baik selama ini bisa terus berlanjut untuk mewujudkan Indonesia Bersinar.

"Jadikan Hari Anti Narkoba Internasional sebagai momentum untuk semakin memerangi penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika di sekitar kita," katanya.
 

Pewarta: Juraidi

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024