Sebanyak 4.544 calon mahasiswa baru bersaing masuk Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) melalui jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) Tahun Akademik (TA) 2024.

"Ada 4.544 peserta yang mendaftar dan untuk jalur UM-PTKIN ini UINSU menyediakan kuota sebanyak 2.479 orang mahasiswa baru. Ujian dilaksanakan 24-27 Juni dan 28-29 Juni 2024," kata Wakil Rektor Bidang Akademik UINSU Prof  Azhari Akmal Tarigan di Medan, Selasa.

Seleksi jalur UM-PTKIN adalah jalur seleksi ujian yang diselenggarakan dengan menggunakan media perangkat Personal Computer (PC) yang memiliki kamera depan untuk mendukung kegiatan UM-PTKIN yang berbasis daring atau online.

Kelulusan para peserta pada jalur UM-PTKIN kali ini ditentukan dari nilai hasil seleksi elektronik peserta tersebut. Jika hasil yang didapat oleh para peserta memenuhi kriteria yang ditentukan panitia, maka peserta punya peluang untuk dinyatakan lulus seleksi.

Baca juga: UINSU optimalkan internasionalisasi kampus

Penyelenggaraan UM-PTKIN dilaksanakan secara bersamaan oleh 58 PTKIN dan satu PTN mulai dari UIN, IAIN, dan STAIN di seluruh Indonesia yang dikoordinasi oleh Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama (Kemenag) RI. 

UM-PTKIN merupakan kelanjutan dari SPAN-PTKIN. Kedua jalur tersebut merupakan jalur masuk ke PTKIN.

Perbedaannya yaitu SPAN-PTKIN dilakukan tanpa ujian tertulis dan khusus untuk calon mahasiswa yang berprestasi, sedangkan UM-PTKIN dilaksanakan dengan menggunakan sistem elektronik untuk semua calon peserta lulusan SMA/Sederajat untuk 3 tahun terakhir.

Dalam kesempatan itu ia juga menyampaikan bahwa TA 2024/2025 ini UINSU total menerima 6.972 mahasiswa baru melalui lima jalur seleksi.

Ke-6.972 mahasiswa baru tersebut masing-masing diterima melalui jalur UM-PTKIN sebanyak 2.479 orang, jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) 697 orang, Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN PTKIN) 1.737 orang.

Kemudian melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) sebanyak 896 orang, jalur mandiri 1.043 orang yang proses seleksi akan dilaksanakan pada Juli – Agustus 2024.

"Saat ini proses seleksi yang sedang berlangsung adalah melalui jalur UM-PTKIN dan pengumuman kelulusan pada 8 Juli 2024," katanya.




 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: 4.544 calon mahasiswa baru bersaing masuk UIN Sumut jalur UM-PTKIN

Pewarta: Juraidi

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024