Masjid Perjuangan 45 di Jalan HM Yamin Kecamatan Medan Perjuangan, Kota Medan menyembelih satu ekor sapi kurban dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah.

"Jumlah total berat sapi pemberian Presiden Jokowi ini ada 860 kilogram yang akan dibuat sebanyak 400 kupon," ujar Ketua Badan Kemakmuran Yayasan Masjid Perjuangan 45 Medan dr Fauzi di Medan, Sumatera Utara, Senin.

Ia mengatakan daging sapi tersebut akan diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan, yang tinggal di Kecamatan Medan Perjuangan dan sekitarnya.

Ia mengatakan pemberian sapi dari Presiden Joko Widodo ini, sebagai satu-satunya yang menerima yakni Masjid Perjuangan 45 Medan di Provinsi Sumatera Utara pada tahun ini.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden Joko Widodo maupun Pemerintah Provinsi Sumatera dan Pemerintah Kota Medan atas kepercayaan dalam pemotongan hewan kurban ini," ujar Fauzi.

Dia mengatakan tidak ada kendala pemotongan hewan kurban pemberian Presiden Joko Widodo tersebut, mengingat sudah terbiasa dalam pemotongan dengan dibantu anggota kepanitiaan.

"Secara keseluruhan Masjid Medan Perjuangan 45 untuk tahun ini kurban sebanyak tujuh ekor sapi dan tiga ekor kambing," kata dia.

Nantinya, daging kurban dibagi kepada warga yang telah menerima kupon. Lebih dari 600 kupon diberikan kepada masyarakat Kecamatan Medan Perjuangan maupun sekitarnya terkait dengan pembagian daging kurban.

Presiden Joko Widodo membeli sapi dengan berat 860 kilogram seharga Rp90 juta dengan jenis peranakan Ongole, untuk disembelih pada Idul Adha 1445 Hijriah. Sapi tersebut dimiliki Yanto, warga Kelurahan Paya Roba, Binjai Barat, Kota Binjai, Sumatera Utara.

Presiden Jokowi memberikan bantuan hewan kurban berupa sapi kepada setiap provinsi di Indonesia, termasuk Ibu Kota Nusantara (IKN), dalam rangka menyambut Idul Adha 1445 H yang jatuh pada 17 Juni 2024.

Berdasarkan keterangan Sekretariat Presiden RI, Presiden akan menyalurkan total 68 ekor sapi kurban tersebut ke pemerintah di 38 provinsi, satu ekor untuk OIKN, satu ekor untuk masjid tempat Presiden melaksanakan Shalat Idul Adha, satu ekor untuk Masjid Istiqlal.

Selain itu, Presiden memberikan 27 ekor sapi untuk tokoh adat, tokoh agama, dan tokoh masyarakat di Kalimantan Timur serta masjid dan pondok pesantren di dekat kawasan IKN.

Pewarta: M. Sahbainy Nasution

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024