Wali Kota Medan Bobby Nasution meminta tim pelaksana pekerjaan pembangunan Stadion Teladan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) selesai tepat waktu.

"Tentu, kami berharap kolaborasi antara kita (Kementerian PUPR dan Pemkot Medan, red) berjalan dengan baik," ucap Bobby saat menerima tim pelaksana pekerjaan pembangunan Stadion Teladan Medan, Kamis.

Sejumlah hal, lanjut dia, terperinci menjadi pembahasan dalam pembangunan Stadion Teladan Medan menjelang pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024.

Wali kota juga memaparkan beragam aspek dalam perencanaan pengerjaan, termasuk kebutuhan stadion berkapasitas sekitar 20.000 penonton agar sesuai standar FIFA.

"Apalagi, tujuan renovasi ini untuk meningkatkan layanan sarana olahraga di Sumatera Utara, khususnya Kota Medan," kata Bobby di hadapan Direktur Prasarana Strategis Kementerian PUPR Essy Asiah selaku pimpinan rombongan.

Wali kota menegaskan pertemuan ini juga dibahas sejumlah kendala proses pengerjaan, karena setiap tahapan pengerjaan stadion harus sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku.



"Mudah-mudahan tidak ada kendala berarti. Terlebih, kemarin pak sekda sudah melakukan peninjauan lanjutan untuk memastikan proses pengerjaan berjalan lancar," katanya.

Data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menyatakan bahwa total anggaran renovasi Stadion Teladan senilai Rp404,19 miliar lebih.

"Harapan kami sekali lagi, mudah-mudahan ini selesai tepat waktu. Stadion ini bisa menjadi kebanggaan warga Kota Medan menggelar beragam ajang, khususnya olahraga," tutur Bobby.

Laman resmi Kementerian PUPR RI, Stadion Teladan Medan akan dibangun kembali dengan luas lahan 36.000 meter persegi dan jumlah lantai sebanyak tiga lantai.

Adapun lingkup pengerjaan dana APBN senilai Rp275,09 miliar meliputi pekerjaan persiapan, pekerjaan tanah, pekerjaan struktur, pekerjaan arsitektur, pekerjaan MEP, pekerjaan atap dan pekerjaan pemugaran.

Untuk pekerjaan fisik sarana dan prasarana pendukung Stadion Teladan Medan yang ditargetkan selesai pada Desember 2024 ini dibangun menggunakan APBD Kota Medan sebesar Rp129,1 miliar.

Stadion Teladan Medan berlokasi di Jalan Teladan siap menampung sebanyak 20.080 penonton dengan rincian 20.000 unit penonton reguler, dan 80 unit untuk penonton difabel.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Wali Kota Medan minta pembangunan Stadion Teladan selesai tepat waktu

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024