Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat agar mewaspadai potensi terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di kawasan pegunungan Sumatera Utara yang dapat menyebabkan banjir.

"Waspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di wilayah pegunungan Sumatera Utara yang dapat berpotensi menyebabkan banjir, longsor serta bencana hidrometeorologi lainnya," kata Prakiraan BMKG Wilayah 1 Medan Defri Mandoza, Selasa.

Kondisi cuaca tersebut terus dipantau dan dilaporkan ke berbagai pemangku kepentingan agar dapat menjadi perhatian khususnya dalam mengantisipasi terjadinya bencana banjir dan longsor dampak dari hujan lebat tersebut.

Secara umum cuaca di Sumatera Utara pada Rabu (12/6) siang dan sore berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di wilayah Medan, Deli Serdang, Dairi, Serdang Bedagai, Batu Bara, Mandailing Natal, dan sekitarnya.

Hujan dengan intensitas lebat berpotensi terjadi di wilayah Karo, Langkat dan sekitarnya.

Sementara pada malam hari berpotensi hujan ringan hingga sedang di wilayah Binjai, Deli Serdang, Dairi, Simalungun, Asahan, Mandailing Natal, Tapanuli Selatan, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Samosir, Tapanuli Tengah, Sibolga, dan hujan lebat dapat terjadi di wilayah Karo, Langkat dan sekitarnya.

Suhu udara rata-rata 17 – 33,0 derajat Celcius, kelembapan udara 65 – 98 persen dan angin berhembus dari barat daya - barat laut dengan kecepatan 10 – 30 km/jam.

Pewarta: Juraidi

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024