Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Labuhanbatu melakukan audiensi terkait stabilitas kegiatan Pilkada 2024 ke Badan Pengawas Pemilihan (Bawaslu) Kabupaten Labuhanbatu.

Ketua PWI Kabupaten Labuhanbatu, Rony Afrizal, Selasa, (4/6) di Rantauprapat menjelaskan, audiensi ke Bawaslu untuk silaturrahmi dalam menjalin kerjasama dalam meningkatkan pendidikan demokrasi kepada masyarakat. 

Kehadiran PWI sebagai bentuk sinergitas antara pengawas Pemilu dan Pers dalam menindak lanjuti surat edaran Mendagri agar terciptanya demokrasi yang sejuk, berkualitas sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

"Apresiasi kepada Bawaslu telah menerima audiensi PWI dan siap mendukung tahapan Pilkada 2024 untuk menyampaikan nya kepada masyarakat," ujar Rony Afrizal.

Baca juga: PN Medan mulai adili mantan bupati Labuhanbatu terkait korupsi

Rony menyampaikan, sebagai organisasi pers, PWI ikut andil dalam bekerjasama bidang peran partisipasi, sosialisasi, edukasi dan literasi yang bertujuan dalam mencerdaskan masyarakat pemilih.

Pihaknya lebih mengedepankan etika, serta mencegah pemberitaan negatif untuk Pilkada 2024 lebih berkualitas.

Ketua Bawaslu Kabupaten Labuhanbatu, Wahyudi menyampaikan terimakasih atas kedatangan PWI dan merupakan gayung bersambut dalam Pilkada 2024.
 
Wahyudi menjelaskan, Bawaslu akan semaksimal mungkin menghadirkan media untuk tranparansi tahapan Pilkada dalam menciptakan demokrasi yang sehat.

Menurutnya, Bawaslu hadir sampai di desa, Bawaslu akan mengawasi secara maksimal Pilkada 2024.

"Diantaranya dampak money politik,bahwa dampak politik uang sangat besar bagi daerah seperti menghambat pembangunan,” jelas Wahyudi didampingi, Kepala Sekretariat Bawaslu Labuhanbatu Fey Afriansyah Pohan, Komisioner Makmur Munthe Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia, Organisasi dan Diklat, Khairul Nai Hasibuan ST Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas.

Baca juga: Marlambson Carel Williams jabat Kajari Labuhanbatu

Wahyudi meminta agar pertemuan ini dapat disampaikan kepada masyarakat bahwa kegiatan ini bagian dari pengawasan partisipatif Pilkada. 

Dengan hadirkan PWI dapat mengedukasi masyarakat melalui pemberitaan bagaimana mengantarkan Pilkada 2024 ini tanpa money politik. 

“Kehadiran PWI dapat bekerjasama dalam pengawasan Pilkada, diantaranya tolak politik uang, dokumentasi, pencatatan hasil suara layaknya peliputan berita,” Wahyudi.

Pewarta: Kurnia Hamdani

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024