Putaran keempat kegiatan “tastas nambur” Hasanul Arifin Nasution atau Patuan Mandailing dalam menindaklanjuti konsep “Patujoloon Mandailing Natal” mendapat respon yang kuat dari sejumlah tokoh di wilayah Mandailing Julu dan Muarasipongi (Morsip).

Sejumlah datuk dan Raja Adat di kawasan itu mengaku solid dan komit berpartisipasi dalam kerangka “marsialap ari” untuk 
mewujudkan konsep “Patujoloon Mandailing Natal, Standar Baru Kemajuan Daerah" yang digagas bakal calon Bupati Mandailing Natal tahun 2024, Ivan Iskandar Batubara itu.

Bahkan, para Datuk wilayah adat Tanah Ulu, Muarasipongi dan Raja Adat beserta tokoh agama Pakantan sudah menunjukkan solidaritas dan komitmennya. 

“Insya Allah, melalui para datuk dan tokoh masyarakat di Muarasipongi dan raja adat beserta tokoh agama di Pakantan sama-sama solid dan komit untuk berpartisipasi secara “marsialap ari", saling membantu, tolong-menolong dan saling mendukung dalam mewujudkan konsep “Patujoloon Mandailing Natal, Standar Baru Kemajuan Daerah,” ujar Hasanul Arifin Nasution, Rabu (29/5).

Lebih jauh, tokoh dari Bagas Godang Hutasiantar itu yang dalam bahasa Mandailing bisa disebut sebagaimenguraikan, silaturrahmi kegiatan komunikasi tahap awal, “tastas nambur" di dua kecamatan itu tak lepas dari peran strategis H Buhanuddin Datuk Rimambang.

Datuk Rimambang menyampaikan bahwa pertemuan itu merupakan bagian dari kerja-kerja “Patujoloon Mandailing Natal, Standar Baru Kemajuan Daerah." 

Datuk menggambarkan proses awal yang berlangsung dalam dua tahun terakhir. Termasuk menyampaikan bahwa jauh-jauh hari sebelumnya.

Pada waktu itu, raja-raja Mandailing sudah menyampakan "hata olos, hata andung” kepada H Ivan Iskandar Batubara gelar Patuan Parimpunan Gomgom Mandailing di Bagas Godang Alahan Kae, Kecamatan Ulupungkut. 

Bahwa dalam surat yang ditandatangani sebanyak dua Raja Panusunan dan 44 Raja Ripe itu, para Raja Mandailing memohon agar tokoh nasional bergelar Patuan Parimpunan Gomgom Mandailing itu berkenan untuk mengambil peran sebagai 'Sitiop Tali Pinuntun ni Mandailing' yakni agar bersedia dicalonkan menjadi Bupati Mandailing Natal pada Pilkada 2024.

Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024