Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Mandailing.Natal, Sumatera Utara, menekankan kepada seluruh anggota panitia pengawas pemilu kecamatan yang baru dilantik untuk menjaga integritas dalam menjalankan tugas-tugas pengawasan pada Pilkada 2024.

Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Mandailing Natal Ali Aga Hasibuan di Panyabungan, Sabtu malam, mengatakan integritas menjadi nilai dasar yang harus dipegang teguh seorang anggota panitia pengawas pemilu (panwaslu).

"Untuk panwaslu kecamatan yang baru dilantik agar menjaga integritas, bekerja sesuai peraturan perundang-undangan yang mengatur. Menghayati sumpah dan janjinya serta mempedomani pakta integritas yang telah ditandatangani secara bersama," katanya saat melantik 69 orang anggota panwaslu kecamatan untuk Pilkada Serentak 2024.

Dari 69 orang anggota panwaslu kecamatan yang dilantik, sebanyak 51 orang merupakan anggota panwaslu existing (pernah bertugas pada Pemilu 2024). Sedangkan 18 orang lainnya merupakan rekrutmen baru.

Ali Aga juga menekankan kepada seluruh jajaran agar segera beradaptasi dengan wilayah kerja, rekan kerja, pemangku kepentingan, dan memahami seluruh regulasi yang mengatur pelaksanaan pilkada, terutama bidang pengawasan.

"Segera pahami regulasi yang ada, jangan lari dari koridor perundang-undangan. Sebagai pengawas, kita harus paham peraturan dengan sebaik-baiknya," ujarnya

Ali Aga juga berharap jajaran panwaslu yang akan bertugas dapat diterima masyarakat di masing-masing kecamatan wilayah kerjanya.

Bawaslu juga terbuka menerima laporan jika ada jajaran anggota panwaslu kecamatan yang bertindak di luar koridor peraturan perundang-undangan.

Pewarta: Juraidi

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024