Tim Penilai Internal  dari Inspektorat Jenderal Kemenkumham melakukan penilaian pada Area III ke Lapas Sibolga secara internal melalui dua mekanisme dalam upaya pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK) tahun 2024.

"Penilaian melalui dua mekanisme yaitu desk evaluasi dan evaluasi lapangan dengan peninjauan secara langsung ke satuan kerja (verifikasi lapangan),” ujar Tim Itjen yang ditugaskan pada Area III yang dipimpin oleh Agung Natanael di Sobolga, Selasa.

Dia mengatakan  tim Itjen (TPI), Lapas Sibolga menunjukkan kemajuan signifikan dalam berbagai aspek. Tapi, tim Itjen memberikan berbagai masukan dalam memenuhi data dukung RB termasuk inovasi P3K yang ada di Lapas Sibolga harus ditempatkan pada inovasi layanan publik atau peningkatan kinerja. 

Kepala Lapas Sibolga, Indra Kesuma menyatakan bahwa pencapaian ini tidak lepas dari komitmen seluruh jajaran pegawai dalam menerapkan prinsip-prinsip integritas dan profesionalisme.

Sebelumnya, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera Utara Agung Krisna menekankan bahwa hasil evaluasi ini adalah bukti nyata bahwa perubahan menuju birokrasi yang bersih dan akuntabel bisa dicapai melalui komitmen dan kerja keras secara bersama-sama.

Rekomendasi dari Tim TPI ini menjadi dorongan bagi Lapas Sibolga untuk terus meningkatkan kinerjanya dan memastikan bahwa seluruh program dan layanan yang diberikan sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Pewarta: M. Sahbainy Nasution

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024