Pada tahun 2024 keberangkatan jamaah haji Asahan sedikit berbeda, sebab  jamaah Asahan akan berangkat di Kelompok Terbang (Kloter) pertama masuk Asrama Haji Pangkalan Mansyur Medan, Sumatera Utara.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setdakab Asahan Basuki menjelaskan keberangkatan jamaah haji Asahan dibagi 2 kloter. Kloter pertama yang memasuki Asrama Haji Pangkalan Mansyur Medan pada tanggal 12 Mei 2024 dengan jumlah jamaah 360 orang terdiri dari jamaah laki-laki 136 orang dan perempuan 216 orang ditambah 8 petugas.

Sedangkan untuk 18 orang yang terdiri dari jamaah laki-laki 8 orang dan perempuan 10 orang akan berangkat pada kloter 14  bergabung dengan Kabupaten Deli Serdang, Tapanuli Utara dan Humbahas yang akan memasuki Asrama Haji pada tanggal 27 Mei 2024, “ Jumlah keseluruhan jamaah haji Asahan ada 371 orang. Dan berangkat dengan 2 kloter,” kata Basuki, Sabtu (04/05) di Pemkab setempat.

Basuki juga menjelasakan untuk jamaah Haji tertua usia 95 tahun atas nama Syaimah Damanik berasal dari Desa Karya Kecamatan Buntu Pane dan jamaah termuda Rifqi Vazaresta Tambunan usia 24 tahun berasal dari Desa Marjanji Aceh Kecamatan Bandar Pulau. “ Semoga keberangkatan jamaah kita tidak ada kendala,” ucap Basuki.

Terkait persiapan, Basuki menyebutkan pihaknya telah melakukan bimbingan manasik haji yang selama 3 hari yang merupakan program rutin Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan bagian dari persiapan pelaksanaan Ibadah Haji. Kegiatan ini bertujuan, agar Calon Haji memiliki bekal tentang tata cara pelaksanaan Haji sehingga saat beribadah berjalan lancar dan benar sesuai kaidah agama.

 

Pewarta: Indra Sikumbang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024