Bupati Asahan, H Surya membuka Musabaqah Tilawatil Qu'ran (MTQ) ke-55 Tingkat Kabupaten Asahan yang dikuti 25 Kecamatan dengan 771 peserta.

 

MTQ yang digelar mulai tanggal 24-30 April 2024 di gedung Tahfidz Masjid Agung H. Achmad Bakrie Kisaran mempertandingkan sejumlah cabang. Yakni Cabang Tilawah, Hifzil Quran, Khattil Quran, Fahmil Quran, Syarhil Quran, Karya Tulis Ilmiah Quran, Hifzhil Al-Hadits, Tafsir Al-Quran, Qiroat Al-Quran.

 

Bupati menyebutkan penyelenggaraan MTQ harus dijadikan sebagai media dakwah dan syiar keagamaan yang efektif. Secara nyata telah terbukti MTQ mampu menjadi daya dorong yang kuat dalam memacu percepatan pembangunan di daerah. “ Saya berharap penyelenggaraan MTQ bisa menggairahkah semangat masyarakat untuk senantiasa mempelajari dan memahami al-Quran sebagai pedoman dan petunjuk hidup bagi ummat,” kata Bupati, Rabu (24/04).

 

Bupati juga berharap kepada para peserta MTQ untuk terus meningkatkan kualitas para generasi Qurani dalam mengasah kemampuan sehingga bukan hanya dari segi kuantitas, tapi dapat diperhitungkan pula dari segi kemampuan dan kualitas.

 

“ Kepada seluruh kafilah diharapkan dapat nampilkan kemampuan terbaik, sehingga pada akhir pelaksanaannya nanti kita akan mendapatkan qari dan qariah, hafidz dan hafidzah terbaik dari Kabupaten Asahan, yang akan menjadi Duta Kabupaten Asahan pada event seleksi MTQ Tingkat Provinsi dan Nasional, “ ungkap Bupati.

 

Kegiatan MTQ tersebut juga dirangkaikan dengan pelaksanaan Asahan Expo dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Asahan yang ke-78, sebagai kegiatan yang dapat mempublikasikan pembangunan yang sudah ada mempromosikan produk-produk unggulan kecamatan, menampilkan potensi budaya, dan pariwisata, yang diharapkan nantinya dapat bersaing dengan daerah lain.

 

Kemudian kegiatan ini di akhir dengan penekanan sirene dan pelepasan balon oleh Bupati Asahan bersama Forkopimda. Dilanjutkan dengan peninjauan stan Asahan Expo di Alun-Alun Rambate Rata Raya Kisaran.

 

Pewarta: Indra Sikumbang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024