Penjabat Gubernur Sumatera Utara Hassanudin meminta seluruh Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) di wilayah setempat untuk terus bersinergi guna meningkatkan sumber daya manusia (SDM) unggul serta meningkatkan perekonomian di provinsi itu.

Hassanudin mengatakan hal itu pada acara halal bihalal bersama keluarga besar Putra Jawa Kelahiran Sumatera (Pujakesuma) Sumut, di Kabupaten Deli Serdang, Minggu.

"Pujakusuma telah memberikan dampak besar secara ekonomi di Sumut. Salah satu buktinya kerja sama Koperasi Pujakusuma dengan PTPN II, membangun pabrik minyak goreng merah di Deli Serdang," ujarnya.

Menurutnya, organisasi seperti Pujakusuma dapat memberikan dampak besar dalam pembangunan di wilayah ini terutama dalam bidang SDM yang unggul dan meningkatkan perekonomian daerah.

"Itu yang besar, tetapi UMKM kuliner kita juga banyak dijalankan masyarakat Suku Jawa, pertanian juga, kita harap ini terus berkembang," kata dia.

Oleh karena itu, ia berharap seluruh Organisasi Kemasyarakatan Sumut dapat semakin kompak karena mempermudah pemerintah dalam membangun sebuah daerah

"Sebagai mitra simetris pemerintah, kita harus kompak, pemerintah tidak akan bisa membangun Sumut tanpa dukungan Ormas-ormas," sebutnya.

Bupati Deliserdang M Ali Yusuf Siregar pada kesempatan yang sama berharap ke depan banyak tokoh-tokoh masyarakat Sumut yang lahir dari Organisasi Kemasyarakatan.

"Ormas-ormas perlu bersatu membangun Sumut. Mudah-mudahan semakin banyak tokoh masyarakat muncul dari Ormas, tokoh yang bisa kita banggakan dan ikut membangun Sumut," ujar dia.

Ketua DPP Pujakusuma Eko Supiyanto berharap pemerintah terus mendukung masyarakat Jawa di Sumut mengingat etnisnya banyak yang berbisnis di provinsi ini.

"Kita harap pemerintah bisa mempermudah kami-kami ini yang ingin berusaha, juga memberikan dukungan, karena tidak sedikit Pujakusuma yang berbisnis di sini," ujar dia.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024