PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 1 Belawan mempersiapkan fasilitas penumpang seperti toilet portable dan tenda untuk melayani puncak arus balik di Pelabuhan Belawan, Medan, Sumatera Utara dengan menggunakan KM Kelud yang diprediksi pada Kamis (18/4).

"Untuk fasilitas arus balik ini, ada penambahan empat toilet portable yang dipersiapkan pada 18 dan 21April ini," ujar Manajer Bisnis Terminal Pelindo Regional I Cabang Belawan Irfan Fitriadi di Medan, Minggu. 

Irfan melanjutkan selain toilet, fasilitas penambahan lainnya untuk melayani keberangkatan penumpang yakni disediakan enam tenda keberangkatan.

"Jadi, tenda ini disiapkan untuk menampung penumpang saat menunggu keberangkatan kapal, selain di ruang ekonomi maupun Kelas I di pelabuhan," katanya. 

Untuk itu, Irfan mengatakan pihaknya juga melalukan koordinasi dengan Pelni terkait penumpang yang menunggu di Pelabuhan Belawan tersebut. 

"Jadi, kami telah melakukan koordinasi dengan Pelni nanti pada saat kapal bersandar, paling lama penumpang menunggu satu jam di pelabuhan sehingga tidak lama mengantri," ucapnya. 

Dia menambahkan, Pelindo juga bekerja sama dengan pemangku kepentingan lainnya dengan mendirikan posko terpadu untuk pelayan penumpang tersebut. 

Sebelumnya, Kepala cabang PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Medan Biwa Abi Laksana menyatakan, pihaknya siap melayani puncak arus balik dari Pelabuhan Belawan, Medan.

PT Pelni cabang Medan menyatakan, puncak arus balik dari Pelabuhan Belawan dengan KM Kelud diperkirakan terjadi pada 18 April 2024 atau delapan hari setelah Idul Fitri 1445 Hijriah, Rabu (10/4). Ketika itu, KM Kelud akan berangkat dari Medan menuju Batam pukul 17.00 WIB.

Biwa menyebut, pihaknya memprediksi jumlah penumpang yang naik dari Pelabuhan Belawan menuju Batam pada tanggal itu mencapai 3.741 orang atau sesuai jumlah maksimal penumpang KM Kelud yang diizinkan Kementerian Perhubungan selama masa Lebaran 2024.

 

Pewarta: M. Sahbainy Nasution

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024