Satuan Lalu Lintas Kepolisian Sektor Pancur Batu jajaran Polrestabes Medan menyatakan puncak arus balik jalur Berastagi, Kabupaten Karo menuju Kota Medan sudah terlewati.

"Sampai malam ini, terpantau tidak begitu padat arus kendaraan yang melintas dari arah Berastagi menuju Medan," ucap Kepala Unit Lalu Lintas Polsek Pancur Batu Iptu M Rizal Purba di Medan, Sumatera Utara, Minggu.

Rizal mengatakan puncak arus mudik maupun libur Lebaran di objek wisata di kawasan Berastagi maupun daerah Karo lainnya terjadi pada Sabtu (13/4).

"Namun, kami tetap menyiagakan personel di titik kemacetan seperti di tikungan Tirtanadi, Sembahe, Sibolangit, selain itu di simpang jalan lintas tersebut," ucapnya.

Rizal menyatakan sampai saat ini pihaknya belum memberlakukan satu arah di jalur tersebut, hanya saja, ketika kendaraan padat, pihaknya menyarankan kendaraan masuk ke jalan alternatif menuju Medan.

Walaupun puncak arus balik diprediksikan telah selesai, menurutnya, personel masih bersiaga baik di pos pelayanan, pos terpadu maupun di ruas jalan tersebut untuk mengantisipasi kemacetan terjadi pada "Operasi Ketupat Toba 2024" ini.

"Kami mengimbau kepada kendaraan pada libur Lebaran ini tetap mengutamakan keselamatan daripada kecepatan, jika mengantuk sebaiknya istirahat di tempat atau pos yang disiapkan," kata Rizal.

Sebelumnya, Kepala Bagian Operasi Polrestabes Medan Kompol Pardamean Hutahaean mengatakan pada pelaksanaan Lebaran ini di wilayah hukumnya melibatkan 1.547 personel gabungan TNI/Polri/Satpol PP Kota Medan bersama instansi lainnya untuk pengamanan, penjagaan, malam takbiran dan Sholat Idul Fitri yang akan di tempatkan di 12 pos pengamanan, 1 pos pelayanan dan 1 pos terpadu.

Pewarta: M. Sahbainy Nasution

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024