PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Utara menegaskan bahwa tidak ada kendala di seluruh stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) wilayahnya selama masa Lebaran 2024.

"Kami memastikan seluruh layanan SPKLU berjalan dengan baik dan para pemudik dapat memanfaatkan SPKLU selama 24 jam sehari," ujar General Manager PLN UID Sumut Saleh Siswanto di Medan, Jumat.

Saleh pun menyebut, dirinya sudah mengecek langsung keandalan SPKLU-SPKLU di Sumut. Dia menegaskan, sebanyak 14 SPKLU yang ada di Sumatra Utara dapat bekerja optimal melayani kebutuhan kendaraan listrik masyarakat. 

Demi memudahkan aktivitas di SPKLU, Saleh menyarankan pelanggannya untuk menggunakan aplikasi daring PLN Mobile.

Hal itu, dia melanjutkan, karena PLN Mobile sudah dilengkapi dengan fitur pelacak lokasi SPKLU yang terintegrasi dengan sistem lokasi (GPS) di gawai pengguna.

"Kami mengundang masyarakat untuk memanfaatkan infrastruktur SPKLU ini dan bergabung dalam upaya kita bersama menuju masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan," tutur Saleh.

Adapun 14 SPKLU yang dioperasikan PLN UID Sumut adalah SPKLU Medan Kota, SPKLU City View, SPKLU Amir Hamzah, SPKLU Binjai, SPKLU Tebing Tinggi, SPKLU Rantauprapat, SPKLU Pematang Siantar, SPKLU Medan Baru, SPKLU Sibolga, SPKLU Terminal Amplas, SPKLU Balige, SPKLU Berastagi, SPKLU Parapat dan SPKLU Pangururan. 

Secara nasional, PT PLN (Persero) menyiapkan 1.299 SPKLU selama Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 2024 yang beroperasi 24 jam untuk mendukung mobilitas pemudik di seluruh Indonesia.

PLN menetapkan masa siaga Lebaran 2024 berlangsung pada 3-18 April 2024. Di Sumut, selain SPKLU, PLN pun menyiagakan 137 posko dan 3.099 personel gabungan yang tersebar di 10 Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) serta 67 Unit Layanan Pelanggan (ULP) untuk memaksimalkan layanan listrik kepada masyarakat. 

Kemudian, demi mendukung layanan, PLN Sumut menyiapkan 107 buah set generator, 11 unit sumber daya nirhambatan (UPS), 56 unit gardu bergerak (UGB), tiga unit kabel bergerak (UKB), 16 unit mobil crane, 216 unit sepeda motor, 146 unit mobil dan material cadangan gangguan. 

Pemerintah menetapkan libur nasional Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah pada 10-11 April 2024. 

Lalu, ada pula hari vakansi cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah pada 8, 9, 12 dan 15 April 2024.

Pewarta: Michael Siahaan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024