Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan memprakirakan cuaca ketika Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah di Kota Medan, Sumatera Utara cerah berawan.
 
"Untuk besok pagi, cuaca kita prediksi cerah berawan di Kota Medan," ucap Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Lestari Irene Purba kepada ANTARA di Medan, Selasa.
 
Sedangkan memasuki siang hingga malam hari bakal diwarnai turun hujan dengan intensitas ringan hingga sedang dan bersifat lokal.
 
Adanya belokan angin dan konvergensi di wilayah Sumatera Utara dapat memicu terjadi pertumbuhan awan-awan hujan di provinsi ini.
 
"Suhu udara rata-rata berkisar 25-34 derajat Celcius, kelembapan udara 60-95 persen dan angin berembus dari timur laut hingga timur berkecepatan 10-30 km/jam," cakap dia.
 
Pihaknya juga mengatakan akibat sifat cuaca yang bersifat dinamis, sehingga memungkinkan terjadi potensi gangguan cuaca di wilayah Sumatera Utara.
 
Kondisi ini bisa menyebabkan cuaca cukup labil yang dapat berubah sewaktu-waktu, khususnya di wilayah Kota Medan.
 
"Untuk itu, kami imbau warga Kota Medan agar mengantisipasi cuaca ini, dan tetap menjaga kesehatan. Selain itu, warga dapat mengupdate informasi cuaca dan iklim dikeluarkan BMKG," ucap dia.
 
Kemudian mengurangi kegiatan di luar lingkungan maupun yang dapat memicu kebakaran hutan dan lahan, tutur Lestari.
 
Kementerian Agama menetapkan 1 Syawal 1445 Hijriah atau Idul Fitri tahun ini jatuh pada Rabu (10/4) melalui sidang isbat digelar di Kantor Kementerian Agama di Jakarta, Selasa.
 
"Berdasarkan hisab, posisi hilal wilayah Indonesia yang sudah masuk kriteria MABIMS, serta adanya laporan hilal yang terlihat, disepakati bahwa 1 Syawal tahun 1445 Hijriah jatuh pada Hari Rabu, 10 April 2024 Masehi," ujar Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.
 
Dengan penetapan ini maka dipastikan 1 Syawal 1445 Hijriah antara keputusan pemerintah, termasuk Nahdlatul Ulama, dan Muhammadiyah jatuh pada hari yang sama.*

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024