Wisatawan lokal mendatangi salah satu objek wisata Medan, Istana Maimun, pada hari pertama Lebaran 2024, Rabu, dengan tujuan untuk mengedukasi diri dengan sejarah Kesultanan Deli dan menikmati rekreasi bersama keluarga di halamannya.

"Saya mengenalkan ke anak bahwa inilah peninggalan Kesultanan Deli yang masih ada," ujar Joni Sahputra, warga Medan, di Istana Maimun, Medan, Rabu.

Joni melanjutkan, selain belajar sejarah, dua anaknya juga dapat bersenang-senang di halaman Istana Maimun di antaranya dengan sepeda listrik yang disewakan di sana.

Menurut dia, kombinasi edukasi dan rekreasi tersebut membuat keluarganya nyaman menghabiskan waktu di istana yang selesai dibangun pada tahun 1891 itu.

"Apalagi biaya masuknya tidak mahal, hanya Rp10 ribu," kata Joni.

Harga masuk ke Istana Maimun yang terjangkau juga menjadi alasan lain di balik kunjungan warga ke tempat tersebut.

Muhammad Arif, warga Medan Denai, menyebut, harga itu membuat dirinya tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk menyenangkan sang anak.

"Makanya saya memilih berjalan-jalan ke sini," tutur Arif.

Istana Maimun berdiri atas perintah Sultan Ma'mun Al Rasyid Perkasa Alamsyah, pemimpin kesembilan di Kesultanan Deli yang berkuasa pada tahun 1873-1924.

Saat ini, di istana yang dikelola Yayasan Sultan Ma'moen Al Rasyid itu, terdapat beberapa pedagang UMKM yang menjajakan barang maupun jasa untuk memanjakan pengunjung.

Mereka rata-rata buka dari siang hingga malam hari bahkan setelah Istana Maimun tutup. Istana itu terbuka untuk umum mulai pukul 08.00-18.00 WIB.

Meski cukup ramai dengan pengunjung, situasi lalu lintas di sekitar Istana Maimun yakni Jalan Brigjen Katamso lancar.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) memprediksi sekitar 5,81 juta orang akan masuk ke wilayahnya selama libur Lebaran 2024.

Untuk itu, Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disbudparekraf) Sumut meminta semua pemangku kepentingan terkait termasuk pemerintah daerah agar mengutamakan keamanan serta keselamatan turis yang berkunjung ke tempat-tempat wisata saat libur Lebaran 2024.
 

Pewarta: Michael Siahaan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024