Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara dan jajaran menugaskan tim medis di pos terpadu untuk menjaga kesehatan personel gabungan yang bertugas pada Lebaran 2024.

"Selain itu, tim medis ini juga melayani masyarakat yang mudik Lebaran," ujar Kepala Bidang Humas Polda Sumut Kombes Pol. Hadi Wahyudi di Medan, Selasa.

Hadi menyebutkan satu tim medis itu terdiri atas satu dokter dan tiga perawat yang juga bekerja sama dengan dinas kesehatan kabupaten/kota dan ditambah dengan satu ambulans.

Selain melakukan pemeriksaan medis, pihaknya membagikan bekal kesehatan berupa vitamin dengan dosis untuk diminum personel yang bertugas.

"Tujuan dari kegiatan pemeriksaan kesehatan ini adalah untuk mendeteksi sejak dini apabila ada personel yang mengalami sakit atau kelelahan saat melaksanakan tugas," ucapnya.

Posko kesehatan ini, kata dia, juga dapat untuk pemudik untuk memeriksa kondisi kesehatan dan membutuhkan vitamin agar tetap terjaga kondisi tubuhnya saat melakukan mudik maupun balik nantinya.

"Sebanyak 210 rumah sakit di Sumut ini bisa menjadi rujukan jika terjadi kedaruratan selama Operasi Ketupat Toba 2024," ucapnya.

Untuk itu, mantan Kapolres Biak, Papua, itu berpesan Seluruh pengemudi dilarang menggunakan alkohol dan obat-obatan berbahaya karena berisiko akan keselamatan penumpang dan pengguna jalan lain.

Sebelumnya, Polda Sumut juga melakukan tes urine terhadap 50 awak angkutan transportasi. Hasil pemeriksaan tes urine sopir dan kernet bus di Terminal AKAP/AKDP Amplas dinyatakan negatif.

Polda Sumut menyiapkan sekitar 89 pos pengamanan 68 pos pelayanan, 102 pos terpadu, penjagaan di 22 objek terminal, 18 stasiun kereta api, 16 pelabuhan, 6 bandara 6, 190 pusat belanja, 2.670 masjid, dan 242 tempat wisata.

Pewarta: M. Sahbainy Nasution

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024