Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Humbang Hasundutan (Humbahas) AKBP Hary Ardianto bersama unsur Forkopimda setempat melakukan pengecekan secara langsung Pos Pengamanan (PAM) dan Pos Pelayanan (YAN) pada Ops Ketupat Toba 2024, Senin (8/4).

Adapun Pos PAM dan Pos YAN yang dikunjungi yakni Pos PAM pertama di daerah Doloksanggul, kemudian Pos PAM kedua di daerah Aek Silang, Desa Simangarosang dan Pos PAM ketiga yang sekaligus berdampingan dengan Pos YAN di objek wisata Sipincur, Lintong Nihuta.

Kapolres yang turut hadir didampingi Sekda Humbahas Chiristison Marbun bersama Ketua Bhayangkari cabang Humbahas Ny Nita Hary, Pabung TNI 0210/TU wilayah Humbahas Mayor Ojak Simarmata, Tim penggerak PKK Pemkab Humbahas, sejumlah pimpinan OPD dan para Camat turut memberikan bantuan parsel buah, minuman beserta bingkisan kue lebaran kepada petugas berjaga di pos PAM dan YAN untuk menyemangati seluruh personel selama bertugas.

AKBP Hary Ardianto menjelaskan, tujuan dari pengecekan tersebut guna mengetahui sejauh kesiapan sarana, prasarana dan petugas dalam melayani masyarakat luas dengan maksimal selama arus mudik hingga arus balik Hari Raya Idul Fitri 1445 H di wilayah Kabupaten Humbahas.

"Sinergitas Polres Humbahas bersama unsur Forkopimda sudah sangat baik, kita ingin pastikan kesiapsiagaan seluruh personel gabungan melaksanakan pengamanan Idul Fitri. Baik pemudik maupun masyarakat luas yang berkunjung ke Humbahas, akses perjalanan terhubung internet berikut tempat istirahat sambil ngopi sudah kita siapkan di tiap pos. Petugas medis kita juga siap 24 jam disana. Terlebih, pemudik sepeda motor, tim bengkel kita juga tersedia untuk melakukan servis sepeda motornya secara gratis demi kenyamanan perjalanan yang aman," terang Hary.

Selain itu, demi kelancaran arus mudik dan balik kendaraan selama liburan Hari Raya, Sekda Humbahas menyampaikan, pemerintah daerah setempat juga telah memarkirkan sejumlah alat berat di beberapa titik lokasi guna mengantisipasi bahaya longsor yang sewaktu-waktu bisa terjadi, sehingga pembersihan material longsor dapat segera dilakukan.

"Alat berat milik UPT Bina Marga sudah parkir di sekitar lokasi jalan Doloksanggul-Pakkat-Parlitan dan alat berat BPBD Pemkab kita parkir di daerah Baktiraja," sebut Chiristison.

Pada kesempatan itu, AKBP Hary Ardianto juga menekankan pentingnya kewaspadaan seluruh pihak dalam menghadapi potensi gangguan Kamtibmas, Kamseltibcar lancar serta ancaman terorisme selama masa Hari Raya Idul Fitri 1445 H hingga berakhirnya tahapan musim liburan ini dengan aman dan nyaman bagi seluruh masyarakat luas.

 

Pewarta: Eben Ezer Pakpahan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024