Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman menegaskan camat, lurah dan kepala lingkungan (kepling) harus mengedukasi 
seluruh masjid di wilayah masing-masing program Masjid Mandiri. 
 
"Camat dan lurah harus mengedukasi seluruh masjid untuk melaksanakan program Masjid Mandiri," kata Aulia saat Safari Ramadhan 1445 H di Masjid Jami, Medan Perjuangan, Medan, Senin (25/3).
 
Jika seluruh masjid di wilayah Kota Medan menjalankan program Masjid Mandiri, kata Aulia, warga yang bermukim di sekitar masjid akan sejahtera. 
 
Sebab, imbuhnya, melalui program ini, masjid tidak hanya sebagai tempat ibadah saja, tapi juga sebagai pusat peradaban dan ekonomi keumatan.
 
"Salah satu program Masjid Mandiri adalah pendirian koperasi. Dengan adanya koperasi ini, Insya Allah dapat membantu warga yang kurang mampu di sekitar masjid," ungkapnya.
 
Wakil wali kota juga menegaskan bahwa bagi masjid yang belum memiliki koperasi, Pemkot Medan siap membantu pendiriannya. 
 
Selain mengedukasi program Masjid Mandiri, Aulia juga mengingatkan kepada camat, lurah dan kepling agar lebih jeli dengan warganya.
 
"Jangan sampai ada warga kelaparan. Deteksi apa yang terjadi dengan warga di wilayah masing-masing. Insya Allah akan terbangun kepercayaan warga dan pemerintah nantinya," tegas Aulia.
 
Dalam Safari Ramadhan, Aulia menyerahkan bantuan Pemkot Medan di antaranya uang Rp50 juta bagi pembangunan Masjid Jami, pemberian bantuan sosial Rp10 juta dan paket Ramadhan.
 
Pemberian bantuan budidaya ikan beserta bibit cabai, satu set perlengkapan tenis meja, rak buku serta barcode e-book dan santunan 50 anak yatim piatu di Medan Perjuangan.
 
Safari Ramadhan ini dirangkaikan buka puasa bersama, Salat Magrib berjamaah dan makan malam. Sebelum berbuka, seluruh warga dan jemaah mendengarkan tausyiah singkat Ustad Khairul Mufti Rambe.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024