Badan Pengurus Daerah Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Sumatera Utara (BPD Hipmi Sumut) menyatakan, investasi masuk ke Sumut idealnya melibatkan mitra lokal agar memajukan masyarakat setempat.

"Siapa pun yang mau berinvestasi seharusnya memiliki partner lokal demi menghidupkan perekonomian daerah setempat," ujar Ketua Umum BPD Hipmi Sumut Ade Jona Prasetyo di Medan, Selasa.

Ade Jona melanjutkan ketika modal atau investasi masuk ke suatu wilayah, misalnya dalam bentuk pabrik, maka masyarakat daerah tersebut berhak merasakan langsung manfaatnya.

Di sanalah, dia menambahkan, peran mitra atau pengusaha lokal diperlukan. "Yang bisa mengakomodasi masyarakat di sana siapa, kan, putra-putra daerah," tutur Ade Jona.

Jika hal itu berjalan, dia yakin investasi di Sumut dapat tumbuh maksimal. Oleh karena itu, Ade Jona pun menyarankan agar Pemerintah Provinsi Sumut dan kelompok pengusaha lokal misalnya Hipmi untuk sejalan.

Terkait itu, dia menyebut pihaknya sudah menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan beberapa pemerintah kabupaten dan kota Sumut seperti Deli Serdang dan Serdang Bedagai.

"Kami juga rutin berkomunikasi dengan kepala daerah setempat agar pembangunan daerah dan tujuan bisnis kami dapat seirama," kata Ade Jona.

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Sumut mencatat bahwa nilai investasi di wilayahnya sepanjang tahun 2023 mencapai Rp39,05 triliun. Dari jumlah itu, penanaman modal dalam negeri nilainya sekitar Rp21,5 triliun dan penanaman modal asing Rp17,4 triliun.

Nilai investasi di lebih rendah daripada tahun 2022 yang tercatat Rp41,68 triliun.

Meski demikian, Pemprov Sumut terus berkomitmen untuk terus memberikan yang terbaik bagi para investor, salah satunya dengan menerapkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 3 Tahun 2023 tentang Pemberian Insentif dan Kemudahan Investasi.

"Kami berharap kabupaten dan kota menyiapkan potensi-potensi mereka yang layak dijual, dilengkapi dengan dokumen yang clear and clean," ujar Kepala Dinas PMPTSP Sumut Faisal Nasution.

Pewarta: Michael Siahaan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024