Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan menyebut bahwa potensi hujan akan turun di Kota Medan, Sumatera Utara, sepanjang pekan ini.
 
"Dalam dua hari ke depan potensi curah hujan di Medan dengan intensitas ringan hingga sedang akan terjadi," ungkap prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Utami Al Khairiyah di Medan, Selasa.
 
Selain itu, curah hujan bersifat lokal juga berpeluang terjadi di wilayah ibu kota Provinsi Sumatera Utara dan sekitarnya sepanjang pekan ini.
 
Kondisi ini terjadi akibat adanya belokan angin dan konvergensi di wilayah Sumatera Utara, memicu terjadinya pertumbuhan awan-awan hujan, khususnya di Kota Medan.
 
"Analisis dan prediksi kami beberapa wilayah, seperti pesisir pantai timur Sumatera Utara akan dilanda curah hujan ringan dan sedang," kata dia.
 
Pihaknya juga mengungkapkan bahwa, baik di lereng barat, pantai barat, pegunungan, lereng timur maupun pantai timur di wilayah Provinsi Sumatera Utara bakal dilanda hujan.
 
"Jadi untuk dua hari ke depan potensi hujan sudah mulai ada di Sumatera Utara, khususnya di daerah kita Kota Medan," tutur Utami lagi.
 
Ia juga mengatakan, beberapa hari ke depan sejumlah wilayah Sumatera Utara berpotensi diguyur hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.
 
"Hujan lebat berpotensi terjadi di pegunungan hingga lereng barat dan pantai barat Sumut yang dapat menyebabkan banjir, longsor, dan bencana hidrometeorologi lainnya," tegasnya.
 
Sementara cuaca panas mencapai 36,2 derajat celcius di Kota Medan berkurang berdasarkan pengamatan temperatur di beberapa Stasiun BMKG Sumatera Utara.
 
Seperti awal pekan ini cuaca wilayah ibu kota Provinsi Sumatera Utara cerah berawan disertai potensi hujan ringan bersifat lokal dengan suhu maksimum 35 derajat celcius.
 
"Untuk hari ini pelaporan suhu maksimum jam pengamatan dilaporkan pukul 13.00 WIB tadi 34 derajat celcius," kata Utami.*

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024