PLN berkolaborasi dengan Klinik Ar-Rahman dan Karang Taruna Desa Sialang, Deli Serdang, Sumatera Utara, memberikan layanan kesehatan gratis untuk warga lanjut usia di Desa Sialang hanya dengan menukarkan sampah rumah tangga.

General Manager PLN UID Sumatera Utara Saleh Siswanto, di Medan, Kamis, mengatakan melalui PLN Peduli, kegiatan tersebut dapat membantu masyarakat usia lansia untuk menjaga dan memeriksakan kesehatannya.

"Hanya dengan mengumpulkan sampah yang berada di sekitar rumah kemudian menukarkan ke bank sampah unit mandiri, para lansia dapat melakukan pemeriksaan kesehatan dengan biaya murah bahkan gratis," katanya.

Para lansia yang ingin mendapatkan layanan pemeriksaan kesehatan gratis hanya dengan menukarkan berbagai jenis sampah seperti botol plastik, botol kaca, karung bekas, plastik asoy, kardus di Bank Sampah Unit (BSU) Mandiri.

Ketua Karang Taruna Desa Sialang Agung Sasmita menuturkan layanan pemeriksaan kesehatan gratis merupakan bentuk kepedulian karang taruna kepada masyarakat lansia di Desa Sialang.

Pemeriksaan kesehatan diawali dengan proses registrasi dengan menukarkan sampah. Kemudian dilakukan periksaan seperti cek tensi, cek gula, cek asam urat, cek kolestrol, hingga cek lambung, setelah itu akan diberi obat sesuai dengan keluhannya.

Agung menambahkan para lansia yang telah mengikuti program itu secara otomatis menjadi nasabah bank sampah dan akan secara rutin menabung sampah di Bank Sampah Unit (BSU) Mandiri.

Ketika para lansia ingin berobat di klinik, mereka cukup menunjukkan tabungan sampah dan cukup membayar selisih sesuai ketentuan yang telah diatur. Dengan demikian, para lansia dapat berobat dengan biaya murah atau gratis hanya dengan menukarkan sampah.

Sementara Santoso, mewakili Dinas Lingkungan Hidup Deli Serdang menyampaikan kegiatan positif tersebut dapat diikuti oleh komunitas peduli lingkungan di daerah lain demi menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan sekitar.

"Saya mengapresiasi kegiatan ini sangat kreatif, semoga dapat menjadi contoh oleh desa lainnya di Kabupaten Deli Serdang. Jangan sampai sampah yang kita punya, kita tidak mau mengelolanya," katanya.


 

Pewarta: Juraidi

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024