Sejumlah nama-nama yang diprediksi bakal maju menjadi calon Bupati Mandailing Natal pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 mulai menjadi topik hangat dan menjadi pembahasan di tengah-tengah masyarakat.

Berdasarkan informasi yang dihimpun saat ini sudah ada sejumlah nama yang disebut-sebut bakal maju di Pilkada Mandailing Natal. Bahkan, dari sejumlah nama itu sudah ada beberapa calon yang telah menyatakan kesiapannya untuk maju mengikuti perhelatan pesta demokrasi itu.

Adapun sejumlah nama-nama yang diprediksi maju di pemilihan Bupati/wakil Bupati Madina tahun 2024 itu adalah Muhammad Zuhri Musthafa. Dia adalah cucu pendiri pondok Pesantren Musthafawiyah Purba Baru.

Saudara kandung anggota DPRD Sumatera Utara, Harun Musthafa Nasution ini merupakan bakal calon pertama yang sudah menyatakan kesiapannya untuk maju meramaikan kontestasi pemilihan kepala daerah di Madina itu.

Selanjutnya adalah Drs Dahlan Hasan Nasution. Mantan Bupati Madina periode 2016—2021 itu juga sebelumnya sudah menyatakan kesiapannya untuk maju di Pilkada Madina.

Kandidat lain yang diprediksi akan maju adalah, Ketua DPRD Madina, Erwin Efendi Lubis. Nama ini sangat santer dikalangan publik. Dan disebut-disebut akan turut berebut kursi orang nomor satu di Pemkab Madina itu.

Selanjutnya adalah Bupati Mandailing Natal, HM Jafar Sukhairi Nasution dan Wakil Bupati Madina, Atika Azmi Utammi Nasution.

Majunya Atika sebagai calon Bupati ini semakin diyakini karena sebelumnya telah memperoleh surat perintah dari DPP Partai Golkar untuk bakal calon kepala daerah (Bacakada) di Pilkada Madina 2024.

Seterusnya adalah mantan Ketua Kadin Sumut, Ivan Iskandar Batubara. Harapan untuk maju sebagai sebagai bakal calon Bupati Madina untuk periode 2024-2029 ini sebelumnya juga sudah disampaikan raja-raja Mandailing dalam pertemuan yang dihadiri seluruh raja-raja Mandailing mulai dari luat Natal, Mandailing Godang, Mandailing Julu dan Ulu di Bagas Godang Alahankae.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Madina, Muhammad Ikhsan yang dikonfirmasi ANTARA, Kamis (14/3)  menyampaikan, berdasarkan peraturan KPU (PKPU) nomor 2 tahun 2024 tentang tahapan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, serta walikota dan wakil walikota tahun 2024, pemilihan kepala daerah serentak dilaksanakan pada Rabu 27 November 2024 mendatang.

Ia menyampaikan, sesuai PKPU tersebut tahapan Pilkada serentak dimulai 26 Januari 2024 berupa perencanaan program dan anggaran. Sedangkan pendaftaran pasangan calon dimulai 27 sampai 29 Agustus 2024. Sedangkan masa kampanye dilaksanakan mulai 25 September hingga 23 November 2024.

Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024