Perusahaan BUMD Sumatera Utara Perumda Tirtanadi menggelar pasar murah di kantor pusatnya, Medan, sebagai bagian dari upaya menjaga stabilitas harga saat Ramadhan 1445 Hijriah.

"Kami menyediakan beras, gula pasir dan minyak goreng. Selain menjaga stabilitas harga, kami juga ingin membantu warga," ujar Direktur Utama Perumda Tirtanadi Kabir Bedi di Medan, Rabu.

Kabir melanjutkan, pasar murah tersebut dilaksanakan tiga hari yakni pada 8, 13 dan 14 Maret 2024 mulai pukul 08.00-16.30 WIB.

Meski demikian, ia menegaskan tidak menutup kemungkinan hari pelaksanaan program tersebut akan ditambah.

"Kalau ada kesempatan, ada kemungkinan dilaksanakan lagi," kata Kabir.

Pada pasar murah tersebut, Perumda Tirtanadi menjual bahan pokok yang setiap paketnya berisi satu karung beras seberat lima kilogram, satu liter minyak goreng dan dua kilogram gula pasir.

Per paketnya, Perumda Tirtanadi menetapkan harga Rp85 ribu.

"Harga itu sudah kami subsidi," tutur Kabir.

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara menggencarkan program pasar murah untuk mengendalikan harga komoditas pangan khususnya beras yang masih tinggi.

Penjabat Gubernur Sumatera Utara Hassanudin menyebut bahwa seluruh pemerintah kabupaten dan kota diperintahkan untuk menggelar pasar murah demi meringankan beban masyarakat.

Sementara Perum Bulog Kanwil Sumatera Utara memastikan stok beras dan gula konsumsi di wilayahnya aman untuk memenuhi kebutuhan selama bulan Ramadhan sampai Idul Fitri 2024.

Bulog Sumut menyatakan bahwa jumlah beras cadangan pemerintah sampai pekan pertama Maret 2024 ada 16 ribu ton dan akan bertambah sekitar 20.000 ton sampai akhir bulan tersebut.

Untuk gula, Bulog Sumut menyatakan stoknya memadai setidak-tidaknya sampai tiga bulan ke depan. Terkini, stok gula pasir di Sumut ada di kisaran 800 ton.

Lalu untuk stok minyak goreng Minyakita, masih sekitar 70.000 liter di gudang Bulog Sumut sampai awal Maret 2024.

Pewarta: Michael Siahaan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024