Kepolisian Resor Tapanuli Utara menggelar Operasi Keselamatan Toba 2024 dalam rangka cipta kondisi keamanan  keselamatan ketertiban dan kelancaran lalu lintas menyambut Idul Fitri 1445 H yang akan berlangsung secara serentak di Indonesia yang dimulai Rabu, 13-26 Maret 2024, atau berlangsung selama 14 hari ke depan.

"Operasi keselamatan yang bertema Cipta Kondisi Kamseltibcarlantas menyambut Idul Fitri 1445 H tahun 2024 merupakan operasi keselamatan yang dikhususkan untuk pengemudi kendaraan dan pengguna jalan, sehingga yang di kedepankan adalah satuan lalu lintas," terang Kasi Humas Polres Taput, Aiptu Walpon Baringbing, Rabu (13/3).

Gelaran apel peserta dilaksanakan di lapangan Terminal Madya Tarutung yang turut dihadiri Kadis Perhubungan Taput Eliston Lumbantobing mewakili Bupati, Kasdim 0210/ TU Mayor INF AS Butarbutar mewakili Dandim, Kasi Pidum Kejari Taput  Arpan Pandiangan mewakili Kajari, dan Sub Denpom Lettu Inf SA Rumahorbo, Danton Kompi 123 Rajawali, Letda Joko, dan seluruh pejabat utama dan Kapolsek sejajaran Polres Taput.

"Dalam operasi ini tindakan yang diutamakan adalan dikmas lantas atau pendidikan kemasyarakan lalu lintas seperti penyuluhan akan keselamatan berlalu lintas yang menyasar sekolah-sekolah, tempat mangkal para pengemudi angkutan dan komunitas betor," jelasnya.

Juga akan diterapkan penindakan bagi pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm SNI, berboncengan lebih dari satu orang, pengemudi yang melawan arus, pengendara yang menggunakan knalpot blong, menggunakan gawai saat mengemudi, menerobos "traffic light", pengemudi dalam pengaruh alkohol, melanggar marka dan rambu lalu lintas, pengemudi di bawah umur, serta kendaraan yang "over dimension" dan "over load".

"Meskipun ada penindakan, namun seluruh petugas yang terlibat di lapangan diwajibkan bertindak dengan humanis dan menghindari sifat arogan dalam menerapkan penindakan berupa E-TLE (tilang elektronik) dan sistim mobile," tukasnya.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024