Menyambut bulan Suci Ramadhan serta rangkaian kegiatan peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-60 tahun, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Medan Kanwil Kemenkumham Sumut, buka kegiatan Pelatihan Da’i dan Punggahan. Sabtu (09/03). 

Bertempat di Aula Sahardjo Rutan I Medan, kegiatan pelatihan 31 Da'i ini dibuka langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumut, dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang Pembinaan, Bimbingan, dan Teknologi Informasi, Soetopo Berutu, Kepala Rutan Kelas I Medan, Nimrot Sihotang, perwakilan dari Kementerian Agama Kota Medan, Suriadi. S.AG. S.PD.I dan Ustad Juaini Baharuddin.MA. 

Kepedulian Karutan kepada Warga Binaan Permasyarakatan Rutan di Rutan Kelas I Medan untuk memberikan peningkatan ketaqwaan kepada Allah dan memperbanyak ibadah di bulan suci Ramadhan 1445 H / 2024 di wadahi dengan pelatihan Da'i yang nantinya bisa memberikan pencerahan rohani kepada warga binaan lainnya. 

Dengan mengusung tema “Jadikan bulan Ramadhan sebagai momentum melatih kesabaran, menggapai ketakwaan, dan mensyukuri nikmatnya dengan saling berbagi," pelaksanaan Pelatihan Da'i terlaksana selama dua hari 09-10 Maret 2024. 

“Saya berharap dengan adanya kegiatan ini saudara-saudara saya semua bisa menjadi da’i-da’i yang baru sehingga Rutan dan Lapas tidak lagi di opini kan sebagai tempat yang kurang baik," jelas Karutan Nimrot Sihotang. 

Ditambahkannya agar masyarakat bisa membantu memberikan ruang dan berkontribusi bagaimana merevolusi pandangan yang kurang baik kepada Warga Binaan Permasyarakatan Rutan ( WBP ) saat bebas nanti sehingga mereka sama dengan manusia yang diluar semoga bisa memberikan bekal hidup bagi saudara-saudara WBP sehingga kedepan bisa berintegrasi dengan masyarakat secara mandiri. 

Karutan juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh peserta, kepada Kantor Urusan Agama dan Kantor Wilayah sehingga kegiatan ini dapat berjalan. “Saya atas nama pimpinan mengucapkan terimakasih kepada seluruh peserta dan juga dari kantor urusan agama dan dari kantor wilayah sehingga kegiatan ini dapat berjalan, akhir kata keluarga besar Rutan Kelas I Medan Kanwil Kemenkumham Sumut mengucapkan Marahaban Ya Ramadhan, Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1445 H.” kata Nimrot saat memberikan kata sambutan. 

Hal senada juga di sampaikan oleh pendidik Da'i di Rutan, Suryadi S.Ag. S.P.d.I yang mewakili Kementerian Agama Kota Medan, menghimbau kepada Warga Binaan Permasyarakatan, Pelatihan Da’i selama dua hari di Rutan Kelas I Medan sekaligus Punggahan menandai menyambut bulan Ramadhan 1445 H untuk peningkatan kualitas dan kuantitas saat melaksanakan ibadah puasa bersama warga binaan lainnya. 

"Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas Warga Binaan Permasyarakatan menjadi Da'i setidaknya dikalangan rutan itu sendiri dan jangan berkecil hati kalau Allah mentakdirkan kita singgah di sini karena banyak orang orang hebat yang pernah singgah disini dan banyak juga orang orang hebat setelah singgah disini menjadi menjadi orang orang yang hebat," terang Suryadi. 

Pelatihan Da'i yang berlangsung selama dua hari di Rutan Kelas I Medan diharapkan dapat memberikan cahaya baru serta mempertebal keimanan puluhan peseta WBP dan dapat menjadi magnet untuk Warga Binaan Permasyarakatan Rutan lainnya.
 

Pewarta: Rel

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024