Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) kembali menunjukkan kemampuannya dan kali ini mampu menduduki peringkat delapan perguruan tinggi Islam terbaik di Indonesia berdasarkan Webometrics 2024.

Rektor UINSU Prof Dr Nurhayati di Medan, Selasa, mengatakan dalam beberapa tahun ini pihaknya memang fokus dalam peningkatan kualitas di berbagai lini.

Mulai dari kualitas akademik, program-program studi, penerimaan jumlah mahasiswa setiap tahun, pembangunan sarana prasarana dan fasilitas hingga peningkatan jumlah kerja sama dengan berbagai lembaga pendidikan dan pemerintah serta institusi yang mendukung pendidikan tinggi, khususnya dalam pengembangan pendidikan tinggi Islam.

Berbagai upgrade tersebut, lanjutnya, merupakan upaya untuk meningkatkan daya saing UINSU di kancah nasional bahkan internasional. Tidak hanya di lingkup kampus-kampus Islam, namun juga daya saing di antara kampus-kampus umum lainnya.

Sehingga, perguruan tinggi keagamaan Islam negeri (PTKIN) yang berada di bawah naungan Kementerian Agama itu bisa menjadi kampus pilihan masyarakat, bukan menjadi alternatif pilihan untuk melanjutkan studi.

"Hal itu pula, sejalan dengan arahan Menteri Agama RI dan sebagai jawaban atas tantangan zaman dan solusi bagi masyarakat, khususnya di Sumatera Utara," katanya.

UINSU juga, lanjut dia, baru-baru ini menaikkan rekognisi internasionalnya dengan menjadi bagian dari Singapore Muslim Festival (SMF) 2024 yang digelar organisasi keislaman yang berbasis di Singapura yakni Jamiyah Singapura.

Pada perhelatan itu, UINSU menerima penghargaan rekognisi terkait dengan kerja sama bidang pendidikan tinggi Islam. Sekaligus dijadikan sebagai ruang penerimaan mahasiswa internasional dari Singapura.

Prof Nurhayati menyampaikan pada 2024 ini UINSU juga berfokus pada upaya pencapaian Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) unggul.

Berbagai persiapan, perencanaan, strategi hingga berbagai koordinasi dilaksanakan untuk upaya pencapaian hal yang menjadi visi misi rektor tersebut.

"Kami mengharapkan doa dan dukungan semua pihak terkait, alumni hingga masyarakat Sumatera Utara, agar hajat pencapaian akreditasi unggul, bisa terwujud di 2024 ini. Juga sebagai ikhtiar peningkatan kualitas pendidikan tinggi di Tanah Air," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024