Komisi Pemilihan Umum Tapanuli Selatan (KPU Tapsel) telah menetapkan hasil penghitungan suara (rekapitulasi) hasil pemilihan umum calon presiden dan wakil presiden serta legislatif di tingkat kabupaten.

"Rekapitulasi sudah selesai. Seluruh komisioner KPU meneken hasil seluruh perolehan suaranya yang sudah di ke KPU Provinsi Sumatera Utara," Ketua KPU Tapsel Zulhajji Siregar, kepada ANTARA, Sabtu.

Kata Zulhajji, sesuai berita acara sertifikat rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara (model D) ditetapkan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan - Muhaimin Iskandar memperoleh sebanyak 60.388 suara ( 34 persen lebih).

Sedang pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka sebanyak 107.127 suara (atau 60 persen lebih), dan pasangan nomor urut 3 Ganjar Pranowo - Mahfud MD memperoleh sebanyak 9.899 suara (5 persen lebih).

Suara hasil pemilu itu berasal dari 180.981 pengguna hak pilih dari 218.933 jumlah pemilih yang terdaftar dalam pemilih tetap (dpt) tersebar di 1.074 tempat pemungutan suara (TPS) di 212 desa 36 kelurahan di seluruh 15 kecamatan se Tapanuli Selatan.

"Hasil penepatan rekapitulasi perolehan suara hasil Pemilu 2024 ini yang di hitung secara berjenjang mulai dari tingkat TPS, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi hingga Pusat," katanya.

Sebelumnya KPU Tapsel melakukan pleno terbuka penghitungan perolehan suara (rekapitulasi) calon presiden dan calon wakil presiden, DPR, DPRD Provinsi serta Kabupaten/Kota di Mess Pemprov Sumut di Sipirok.

 

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024