Pemerintah Kabupaten Dairi Sumatera Utara fokus pada percepatan penurunan angka stunting, dan untuk itu berbagai program terus dimaksimalkan dengan melibatkan semua pemangku kepentingan di daerah itu.

Sekretaris Daerah Dairi Surung Charles Lamhot Bantjin di Sidikalang Sabtu mengatakan, penanggulangan stunting (gangguan pertumbuhan dan perkembangan pada anak) terus dimaksimalkan yang dilakukan secara bersama-sama melalui berbagai program aksi.

Percepatan penurunan stunting tersebut dilakukan sebagai suatu tindakan sistematis dan terencana oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan, dan kemampuan berperilaku sehat.

"Upaya pencegahan dan penanggulangan stunting merupakan suatu hal yang penting dan harus dilaksanakan karena merupakan bagian dan upaya mencapai Dairi Unggul," katanya.

Ia menjelaskan, beberapa hal yang penting dan diharapkan menjadi perhatian adalah agar semua pihak terkait di daerah itu terus meningkatkan koordinasi, terutama dalam hal sharing data guna pencapaian waktu pelaporan yang telah ditentukan batas waktu penyampaiannya.

"Misalnya, Dinas Kesehatan yang menangani data target serta cakupan intervensi spesifik, salah satunya yaitu data hasil posyandu melalui aplikasi e-PPGBM, diharapkan agar dapat meningkatkan koordinasi untuk kebutuhan pengisian data master analisis situasi bina pembangunan daerah Kemendagri," katanya.

Berikutnya Dinas Kesehatan juga agar mengalokasikan antropometri pada desa atau kelurahan yang belum memiliki alat ukur yang memenubi standar untuk digunakan di posyandu.

Juga agar meningkatkan kapasitas kader posyandu melalui pelatihan pengukuran dan penimbangan balita di posyandu, sehingga diharapkan data posyandu lebih valid dan akurat.

Serta diharapkan memotivasi pihak puskesmas dan bidan desa untuk aktif dalam pencatatan dan pelaporan data, sehingga pengisian data ke web Bangda Kabupaten Dairi dapat dipenuhi secara tepat waktu.

"Kepada kepala puskesmas se-Kabupaten Dairi juga diharapkan melakukan pengentrian data hasil posyandu paling lama satu hari setelah posyandu selesai dilaksanakan," katanya

Pewarta: Juraidi

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024