Pemkab Asahan, Sumatera Utara, memprioritaskan 10 program pembangunan yang diselaraskan dengan program pembangunan yang disusun Pemprov Sumatera Utara.

"Untuk itu kepada semua organisasi perangkat daerah agar memahami program prioritas tersebut sehingga dapat mewujudkannya," kata Bupati Asahan, H. Surya di Kisaran, Jumat.

Secara rinci ia menjelaskan, ke-10 program prioritas tersebut adalah program Digitalisasi Birokrasi. Program ini adalah upaya Pemkab Asahan memberikan pelayanan kepada masyarakat secara profesional, efektif, inovatif dan akuntabel.

Program itu selaras dengan prioritas pembangunan Provinsi Sumatera Utara yaitu peningkatan tata kelola pemerintahan yang berkualitas dan inovatif.

Selanjutnya, program SDM Tangguh yang bertujuan untuk menciptakan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan pengetahuan, keahlian dan perilaku yang unggul.

Berikutnya program Ekonomi Mandiri yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan-kegiatan ekonomi yang dilakukan secara swadaya oleh masyarakat dengan memperhatikan potensi daerah masing-masing. Serta program Asahan Sehat, yang merupakan upaya menciptakan kondisi kabupaten yang bersih, nyaman, aman dan sehat.

"Saya minta kepada dinas terkait bisa menjadi motor penggerak dalam program tersebut," katanya.

Program selanjutnya adalah Asahan Cerdas. Program itu bertujuan untuk menciptakan pendidikan yang berkualitas di Kabupaten Asahan. Memberikan beasiswa yang tepat sasaran dan program ini menjadi program nasional.

Kemudian program Infrastruktur yang Kuat. Lalu, program Asahan Religius yang bertujuan untuk membentuk jati diri masyarakat untuk memahami dan mengamalkan ajaran agama dengan baik dan benar.

Selanjutnya program Lingkungan Berbasis Partisipatif, merupakan gerakan peduli terhadap lingkungan yang melibatkan masyarakat yang bertujuan untuk pelestarian lingkungan hidup. Lalu program Asahan Go Wisata, yang bertujuan untuk meningkatkan potensi pariwisata dalam rangka peningkatan ekonomi masyarakat Kabupaten Asahan. Dan terakhir program Perang COVID-19 yang saat ini dinyatakan sudah berakhir.

"Dengan memahami 10 program ini, maka diharapkan terwujudnya masyarakat Asahan Sejahtera yang religius dan berkarakter," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024