Rektor Universitas Negeri Medan (Unimed) Prof. Dr. Baharuddin mendorong para lulusan perguruan tinggi negeri itu untuk terus mengembangkan dan meningkatkan kompetensi dan skill yang lebih mahir dan profesional.

"Kami mengajak semua para lulusan yang diwisuda hari ini, agar dapat melanjutkan studi ke jenjang S2 dan S3," katanya pada prosesi wisuda 937 wisudawan Unimed yang digelar di Gedung Auditorium Unimed, Rabu.

Ke-937 wisudawan tersebut masing-masing 74 lulusan Program Pascasarjana, 124 lulusan Fakultas Ilmu Pendidikan, 133 lulusan Fakultas Bahasa dan Seni, 67 lulusan Fakultas Ilmu Sosial, 241 lulusan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 121 lulusan Fakultas Teknik, 80 lulusan Fakultas Ilmu Keolahragaan dan 97 lulusan Fakultas Ekonomi.

"Kami akan terus mendorong agar secara periodik dan cepat, semua Program Studi di Unimed harus meraih akreditasi Unggul, menuju ketercapaian visi Unimed menjadi Universitas yang unggul dalam bidang pendidikan, rekayasa industri dan budaya," tambahnya.

Ia mengatakan, di era kemajuan teknologi yang semakin pesat, dimana teknologi informasi dan IT telah menjadi basis dalam kehidupan manusia, lulusan perguruan tinggi dituntut untuk lebih memiliki rasa empati.

Juga memiliki rasa kepedulian, sense of belonging, kemahiran atau skill di bidang IT dan kemampuan literasi bahasa, literasi data, literasi Teknologi, dan literasi manusia yang dibutuhkan dunia kerja.

"Saat ini bukan lagi era kompetisi, melainkan dunia kerja membutuhkan kemampuan dan skill kolaborasi dalam berbagai bidang," katanya.

Dalam melangkah ke jenjang karir, dan dunia kerja, lanjut dia, setidaknya dibutuhkan ilmuwan yang kreatif, memiliki kemampuan menyelesaikan masalah, mampu bekerja sama tim atau kolaborasi, memiliki kemampuan bernegosiasi, manajemen waktu, kemampuan mengambil keputusan, kemampuan mengendalikan emosi, berpikir kritis, dan networking.

"Masyarakat menaruh harapan besar kepada Universitas Negeri Medan untuk mendidik dan menghasilkan guru, konselor, pamong belajar, dan tenaga kerja yang bermutu dan berkarakter mulia yang memiliki kecerdasan intelektual, spiritual, emosional, dan kinestetik yang membentuk sikap dan mentalitas para wisudawan," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024