Kepala Kepolisian Resort Mandailing Natal (Madina), AKBP Arie Sofandi Paloh melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke lokasi pertambangan tanpa izin di Desa Hutarimbaru, Kecamatan Kotanopan pada Sabtu (10/3).

Dalam pengecekan Pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI) itu, kapolres turut juga didampingi sejumlah PJU dan Forkopincam Kotanopan.

Kapolres Mandailing Natal, AKBP Arie Sofandi Paloh dalam keterangannya, Minggu (11/2) menyampaikan, pengecekan ini dilakukan guna memastikan dampak lingkungan, ekonomi maupun psikologis akibat tambang tersebut kepada masyarakat.

"Tujuan pengecekan ini untuk memastikan informasi terkait adanya penambangan emas tanpa izin di Kotanopan. Juga guna memastikan kembali sebagai bahan laporan dari dampak lingkungan, ekonomi maupun psikologis kepada masyarakat," katanya.

Dalam pengecekannya, Arie Sofandi Paloh bersama sejumlah PJU dan Forkopincam langsung ke lokasi tambang yang berada di daerah aliran sungai Batang Gadis itu.

Namun, Sidak ini diduga sebelumnya sudah terendus para pemain tambang. Dalam pengecekannya petugas tidak menemukan adanya aktivitas tambang di lokasi. 

Padahal, biasanya di lokasi sejumlah alat berat banyak beroperasi untuk melakukan aktifitas penambangan.

Dalam peninjauan itu, Kapolres mengingatkan kepada Kapolsek dan Forkopimcam agar melakukan pengawasan dan memastikan tidak adanya lagi kegiatan penambangan. Dan jika hal tersebut terjadi maka akan dilakukan tindakan sesuai aturan hukum yg berlaku.

Sebelumnya, penutupan tambang emas di daerah aliran sungai Batang Gadis ini juga telah disepakati oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Mandailing Natal.

Kesepakatan tersebut diambil melalui rapat koordinasi langkah-langkah penyelesaian kegiatan penambangan tanpa izin di aula Bapperida Madina pada Selasa (28/11).

Dalam rapat itu turut juga dihadiri Wakil Bupati Madina, Atika Azmi Utqmmi, Ketua DPRD, Erwin Efendi Lubis, Kepala Badan Wilayah Sumatera II Kegiatan Irigasi III Padangsidempuan, Kacabwil V Disperindag dan ESDM Sumut, Wakapolres, Kompol Marluddin, perwakilan Dandim 0212/Tapanuli Selatan, beberapa kepala OPD, Camat Kotanopan dan sejumlah kepala desa yang ada di sekitaran lokasi tambang.

Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024