Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mandailing Natal mulai mendistribusikan logistik untuk kebutuhan Pemilu 2024. Pendistribusian logistik ke kecamatan ini akan dilakukan secara bertahap selama beberapa hari ke depan.

Pendistribusian logistik pemilu ini dilepas secara simbolis oleh pKapolres Mandailing Natal, AKBP Arie Sofandi Paloh SH SIK didampingi Ketua KPU Madina, Muhammad Ikhsan, Ketua Bawaslu, Ali Aga Hasibuan MH dan para komisioner dari gedung Serbaguna H Amru Daulay, Desa Parbangunan, Kecamatan Panyabungan, Sabtu (10/2).

Kapolres Mandailing Natal, AKBP Arie Sofandi Paloh menyampaikan, pendistribusian logistik Pemilu ini mendapat pengawalan ketat dari petugas TNI dan Polri.

Dalam pendistribusiannya, petugas juga melakukan pengecekan kondisi truk pengangkut logistik dan kesehatan para sopir agar nantinya tidak ada kendala selama diperjalanan.

"Kami dari kepolisian khususnya Polres Madina mengecek langsung apakah kendaraan yang digunakan dalam kondisi layak jalan dan sopir sudah dicek kondisi kesehatannya, sehingga logistik tersebut tiba di gudang PPK tanpa ada hambatan," ujarnya.

Sementara itu, Ketua KPU Madina, Muhammad Ikhsan menyampaikan, pada hari pertama, pendistribusian logistik pemilu dilakukan di wilayah Pantai Barat Madina yakni, Kecamatan Batang Natal, Sinunukan, Natal, Ranto Baek, Batahan, Muara Batang Gadis dan Kecamatan Lingga Bayu.

"Pendistribusiannya dilakukan secara bertahap, untuk hari ini baru tujuh kecamatan. Kita awali  ke daerah yang jarak tempuhnya paling jauh," ujarnya.

Dia menjelaskan, distribusi dilakukan dari gudang logistik KPU Madina menggunakan 11 armada truk. 

Adapun logistik yang didistribusikan itu untuk 479 TPS dari total 1.417 TPS yang ada Mandailing Natal atau bila dipersentasekan sekitar 30 persen. Sedangkan, selebihnya akan dilaksanakan penyalurannya besok hingga lusa.

“Kami mengucapakan terima kasih kepada TNI/Polri yang turut berperan dalam membantu pendistribusian logistik ini hingga ketempat tujuan nantinya. Kita berharap tidak ada kendala di perjalanan,” ucap Ikhsan.

Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024