Galakkan Lomba dan Aksi (Galaksi) yang dilaksanakan SMAN-1 Kualuhhulu diikuti peserta dari luar Labuhanbatu Utara. Peserta yang berasal dari kalangan Pramuka tersebut diikuti 42 Gugus Depan (Gudep). 

Demikian dikatakan Kepala SMAN 1 Kualuhhulu Pirman Mulatua Ritonga SPd kepada wartawan di sela kegiatan Galaksi yang berlangsung di lingkungan sekolah tersebut, Sabtu (10/2). 
Sebagian peserta Galaksi 2024 yang dilaksanakan di SMAN 1 Kualuhhulu mengikuti rangkaian kegiatan di lingkungan sekolah itu, Sabtu. (ANTARA/Sukardi)


"Ini kegiatan kita pertama. Tujuannya mendidik dan melatih anak-anak kita berkreasi dan memecahkan persoalan yang mereka hadapi," kata pria yang belum lama memimpin sekolah itu.

Dirinya mengaku tidak menyangka peserta sebanyak itu. Peserta berasal dari tingkat penggalang atau siswa SMP sederajat dan Penegak (tingkat SMA sederajat).

"Kita tidak menyangka peserta yang ikut begini banyak. Bahkan ada yang datang dari Medan dan Kotapinang," ujarnya seraya menambahkan setiap gudep yang ikut terdiri dari tujuh orang.

Salah seorang peserta kelas XII SMAN 1 Kualuhhulu Kurniawati mengaku dirinya merasakan manfaat dari kegiatan tersebut. Banyak ilmu dan pengalaman yang diperoleh selama mengikuti kegiatan yang berlangsung sejak Jumat tersebut 

"Banyak manfaat yang saya rasakan pak. Apalagi saya hoby dengan tari yang juga ada diperlombakan pada acara Galaksi ini," ujar gadis tersebut. 

Beberapa perlombaan yang dilaksanakan adalah cerdas cermat dan tari komando. Selain itu peserta juga diuji dengan beberapa keterampilan khas Pramuka.

 

Pewarta: Sukardi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024