Kepolisian Resor (Polres) Labuhanbatu Selatan, Sumatera Utara, siap mengawal 5.125 kotak suara untuk didistribusikan ke panitia pemilihan kecamatan (PPK) setempat. 

"Dalam rapat koordinasi diketahui logistik pemilu 2024  sebanyak 5.125 kotak suara sudah siap digeser ke PPK," ujar Kepala Polres Labuhanbatu Selatan AKBP Maringan Simanjuntak ketika mengikuti rapat koordinasi (rakor) dengan KPU setempat, Rabu. 

Maringan mengatakan rakor diikuti pihak terkait seperti KPU, Bawaslu, TNI dan Polri itu digelar di ruang Conventional Hotel Grand Suma Kota Pinang.

"Selanjutnya tanggal 13 Februari 2024 petugas PPS sudah siap menjemput kotak suara dari kantor PPK untuk dibawa ke PPS," kata fia.

Sesuai hasil rakor, pada 13 Februari 2024 sebanyak 1.025 TPS sudah berdiri. KPU pun akan melaksanakan sosialisasi di Lapas Kota Pinang dan warga masyarakat tentang PKPU Nomor 25 tahun 2023 tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara Dalam Pemilihan Umum.

Maringan menyebut, secara umum Polres Labuhanbatu Selatan dibantu TNI telah siap mendukung KPU untuk pengawalan pergeseran kotak suara dari KPU ke PPK sd  ke PPS.
 
"Kemudian, pengamanan kotak suara di tingkat KPU, PPK dan tingkat PPS serta pengamanan TPS," tutur dia.

Maringan menambahkan, dalam rakor itu Bawaslu Labuhabbatu Selatan juga menegaskan bahwa mendukung KPU setempat dalam pengawasan pemilu demi lancarnya pelaksanaan yang aman, jujur dan adil.

Pada 21 Juni 2023 lalu, KPU Labusel telah melakukan Daftar Pemilih Tetap (DPT)  yakni 224.374 pemilih terdiri 5 kecamatan, 52 desa dan 2 kelurahan.

"Juga disampaikan saat pelaksanaan pemungutan suara di TPS dilarang memakai baju, atribut dan lambang partai, serta para saksi tidak dapat melakukan foto di dalam lokasi TPS," ucap Maringan.

Hadir dalam rakor itu, Ketua KPU Labuhanbtu Selatan, Komisioner Bawaslu, mewakili Dandim 0209/LB, Mayor Inf P Purba, Kabag Ops Polres Labuhanbati Selatam Kompol Rahman dan tamu undangan lainnya.
 

Pewarta: M. Sahbainy Nasution

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024